Netty Sebut Jabar Rentan Kasus Human Trafficking

Netty Prasetyani

Netty Prasetyani

POJOKBANDUNG.com, SOREANG– Tim penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) diminta untuk turut menangani human trafficking.


Ketua tim penggerak PKK Jawa Barat, Netty Presetyani mengatakan, kasus human trafficking atau perdagangan manusia sering terjadi di Indonesia dengan modus berbeda-beda.

“Jawa Barat cukup rentan terjadi human trafficking,”tutur Netty ketika diwawancara selepas menghadiri agenda pelantikan Ketua Dekranasda Kabupaten Bandung di kantor Pemkab Bandung, Jumat (1/4).

Para pelaku perdagangan manusia, mempunyai banyak cara untuk mengelabui calon korban, banyak celah yang membuat perdagangan manusia hingga kini masih terjadi.

“Ada berbagai modus untuk melakukan perdagangan manusia ini. Paling banyak di ketenagakerjaan,”katanya.

Dia mencontohkan, modus yang dilakukan oleh para pelaku untuk menjerat calon korbannya adalah dengan melakukan perekrutan karyawan.

Pada kebiasaannya, para pelaku membohongi calon korban dengan cara akan ditempatkan di luar daerah dalam bidang salon kecantikan.

Di Jawa Barat sendiri, terdapat sembilan kota/kabupaten yang rentan terhadap perdagangan manusia. Daerah tersebut merupakan pemasok buruh migran terbesar yang menjadi sasaran empuk para pelaku human trafficking.

Sembilan daerah tersebut di antaranya adalah Indramayu, Majalengka, Garut, Karawang, dan termasuk Kabupaten Bandung.
Ada 9 kabupaten sebagai pengirim buruh migran tertinggi di Jabar.

“Memang ini menjadi tugas berat ibu-ibu PKK untuk menangani human trafficking. Ya lagi-lagi karena persoalan ekonomi. Karena itu persoalan ekonomi harus diselesaikan,” tutur dia.

Menurut Netty, para penggerak PKK harus menunjukan perannya dalam mencegah terjadinya perdagangan manusai. Sosialisasi hingga ke tingkat desa bahkan RT sekalipun perlu terus digalakan. Dengan begitu, pemahaman tentang bahayanya perdagangan manusia dan modus-modusnya dapat dimiliki masyarakat. (mld)

Loading...

loading...

Feeds

Indikator Menuju Desa Maju

MAJU desanya, makmur dan sejahtera warganya. Mungkin ini adalah dambaan setiap orang, untuk menciptakan lingkungan yang nyaman. Inilah yang disebut …

Sosok Habib Rizieq di Mata UAS

POJOKBANDUNG.com – Ustadz Abdull Somad (UAS) memberikan pandangannya terhadap sosok Habib Rizieq Shihab. Imam besar Front Pembela Islam (FPI) itu …