Akses Jalan ke Venue Cabor di Cikole Rusak Berat

akses jalan ke venue Cikole rusak berat.(habibie)

akses jalan ke venue Cikole rusak berat.(habibie)

POJOKBANDUNG.com, CIKOLE–Beberapa bulan jelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jabar, rupanya masih menyisakan berbagai persoalan. Salah satunya berkaitan dengan akses jalan menuju venue panjat tebing dan sepeda gunung atau downhill di Cikole, Kecamatan Lembang.


Camat Lembang Endang Hadiat menurturkan, kondisi jalan menuju tempat pertandingan dua cabang olahraga tersebut dalam keadaan rusak berat. Terutama yang menuju venue olahraga sepeda gunung (downhill), sepanjang jalannya dipenuhi lubang besar dan bebatuan.

“Seperti saat ini sekarang diguyur hujan lebat membuat jalan licin dan lubang-lubangnya bertambah besar. Kalau tidak secepatnya diperbaiki akan menyulitkan warga yang hendak menyaksikan pertandingan,” kata Endang Hadiat saat ditemui di Lembang, Jumat (1/4).

Akses masuk menuju ke venue sepeda gunung dan panjat tebing melalui pintu yang sama, melewati Bumi Perkemahan Cikole. Menurut Endang, Dari gerbang masuk sampai sekitar 1 kilometer kondisi jalannya relatif baik. Tempat penyelenggaraan dua cabor tsrsebut berada di lahan Perhutani. Namun selepas itu rusak berat masih berupa bebatuan. Kondisi jalan yang rusak, baik ke venue panjat tebing maupun sepeda gunung sepanjang hampir 1 kilometer.

“Pernah saya sampaikan pada rapat pembahasan PON sepuluh hari lalu, mengenai kondisi jalan menuju dua venue tersebut. Harapannya agar dilakukan perbaikan jangan dibiarkan sperti sekarang, sebab akan memperparah kerusakan,” ujarnya.

Selain persoalan akses jalan, camat mengusulkan penataan areal parkir. Pasalnya, lapangan yang ada sekarang dipandang tidak memadai. Satu-satunya areal parkir berada di Terminal Jayagiri yang berada di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tangkubanparahu.

“Jika memanfaatkan areal parkir yang sudah ada tersebut, maka perbaikan jalan harus sampai terminal,” ungkapnya.

Kabupaten Bandung Barat ditunjuk untuk menyelenggarakan lima cabang olahraga pada PON XIX Jabar 2016 yaitu gantole, panjat tebing, ski Air, berkuda dan sepeda.

“Persiapannya sudah mencapai hampir 90 persen, tinggal perbaikan pada sejumlah fasilitas penunjangnya seperti akses jalan menuju lokasi tempat pertandingan,” pungkasnya. (bie)

Loading...

loading...

Feeds

43 Prajurit TNI Ditukar US Army

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa menerima kunjungan beberapa perwakilan dari tentara Amerika untuk Indonesia. Dalam pertemuan …