Satpol PP Kota Bandung Sulit ‘Bersihkan’ PKL Dalem Kaum

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Selama PKL di Jalan Dalem Kaum belum bisa dibersihkan, kinerja Satpol PP Kota Bandung tidak akan terlihat. Itu diungkapkan Kasie Ketertiban Umum Satpol PP Kota Bandung Satriadi Buana.


“Walaupun kita sudah berhasil menertibkan PKL di berbagai tempat, tapi kalau di Jalan Dalem Kaum masih banyak PKL, tetap saja kinerja kami tidak akan kelihatan,” ujar Satriadi kepada wartawan, Kamis (31/3).

Satriadi mengakui memang sulit menertibkan PKL di kawasan Jalan Dalem Kaum. Bahkan meski sudah diberikan tempat di Jalan Kebumen dan di MD Plaza, mereka tetap tidak mau pindah.

“Padahal kurang apa kita memberikan tempat yang layak dan harga sewa yang murah, yaitu Rp650 ribu per bulan,” katanya.

‎Jumlah PKL di Dalem Kaum sekitar 121 orang, meski kini mereka sudah diberi tempat namun mereka masih sering berjualan di luar. Menurut Satriadi , para PKL sering kucing-kucingan dengn aparat Satpol PP.

“Jadi mereka curi- curi waktu, saat petugas tidak ada,” katanya.

‎Satriadi mengatakan, Satpol PP Kota Bandung belum bisa bertindak tegas menggunakan kekerasan dalam penertiban. Soalnya, apabila penertiban berlangsung rusuh, selama ini PKL selalu menang dalam sidang di pengadilan. Hal tersebut membuat Satpol PP lebih berhati-hati dalam menertibkan PKL Dalem Kaum.

“Kalau terjadi chaos biasanya mereka rekam,” ujarnya.

Selain itu, Satriadi tidak menampik jika masih banyak oknum anggota Satpol PP yang menarik iuran dari PKL. Dia mengetahui hal tersebut dari laporan warga. Namun hingga saat ini Satriadi belum mendapatkan ada anggota Satpol PP khususnya dari Seksi Tibum yang melakukan penarikan iuran dari PKL di Jalan Dalem Kaum.

“Memang kita akui masih ada yang masih bermain, menerima gratifikasi,” ujarnya.

Sebagai salah satu langkah penertiban, Satpol PP Kota Bandung telah mengumpulkan data jumlah PKL Jalan Dalemkaum yang masih berjualan di ruas jalan. Jumlah yang terdata mencapai 121 orang. (mur)‎

Loading...

loading...

Feeds