Hambalang Mangkrak Harus Didayagunakan

Ahmad Heryawan

Ahmad Heryawan

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG– Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengaku pihaknya tidak ada sangkut pahutnya dalam pembangunan komplek olahraga Hambalang, di Kabupaten Bogor. Menurutnya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat tidak terlibat dalam proses administrasi yang selama ini terjadi.

“Dalam konteks administrasi, provinsi tidak sedikit pun ada kewenangan,” kata Heryawan di Gedung Sate, Bandung, Kamis (31/3). Kendati begitu, Heryawan mengatakan, dirinya menghadiri pertemuan dengan Presiden Joko Widodo untuk membahas Hambalang.

“Sebagai gubernur harus mendampingi, yang berbicara Bupati Bogor,” katanya. Menurutnya, pemerintah pusat sedang melakukan audit teknik atas pembangunan tersebut.

Audit teknik tersebut dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan melibatkan pakar dari Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, dan Universitas Gajah Mada. “Yang mengaudit teknis bukan orang biasa. Namun, para profesor ahli pada bidang masing-masing keteknikan,” katanya.

Menurut Heryawan, pemerintah tidak ingin bangunan itu terbengkalai begitu saja. Jika audit tekniknya memungkinkan, Hambalang akan didayagunakan baik untuk keperluan olahraga maupun di luarnya.

“Aset negara ini harus diselamatkan, didayagunakan, dan dilanjutkan ke depan. Untuk kepentingan negara, mungkin olahraga atau non olahraga, kita enggak tahu,” pungkasnya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds