Atasi Pengangguran, Disnakertrans Kota Bandung Luncurkan BIMA

Ilustrasi Pencari Kerja

Ilustrasi Pencari Kerja

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Bandung meluncurkan Bandung Integrated Mentor Management Aplikasi (BIMA). Aplikasi ini untuk mengatasi pengangguran di Kota Bandung yang semakin banyak.


“Masyarakat bisa mengunduh aplikasi di disnaker.go.id. dan bisa mendapatkan informasi tentang lowongan kerja,” ujar Kepala Disnkertrans Kota Bandung, Tono Rusdintono, kepada wartawan dalam kegiatan Bandung menjawab, Kamis (31/3).

Untuk yang mencari lowongan kerja (loker) akan dikirimi pesan singkat melalui telepon selular. Mengenai perusahaan mana saja yang membutuhkan pekerja, lengkap dengan spesifikasi yang dibutuhkan.

“Jadi, untuk yang mencri loker, bisa mengisi kartu kuning. Untuk nantinya jika ada info loker, akan kami lanjutkan informasi nya,” paparnya.

Selain info loker, akan ada pelatihan kerja bagi pengangguran yang ber-KTP Kota Bandung. Pelatihan ini, nantinya akan menerbitkan sertifikat. Dengan sertifikat akan ada perbedaan gaji antara pekerja pemilik sertifikat dengan yang tidak.

“Selain itu, jabatan pekerja yang memiliki sertifikat akan dipertahankan. Pokoknya akan ada perlakuan yang berbeda,” terangnya.

Untuk sertifikasi ini, lanjut Tono, pihaknya memang belum menganggarkan lebih. Baru untuk sekitar 320 orang.

“Meski demikian, kami akan mendapat bantuan dari Kementrian Tenagakerja,” tambahnya.

Dalam BIMA tersebut, juga ada keterangan mengenai ketentuan wajib lapor, bagi para pengusaha. Menurut catatan Tono, dari sekitar 7.800 perusahaan baru 3 ribu perusahan yang sudah melapor. Hal-hal yang dilaporkan adalah, upah tenaga kerja, kebutuhun tenga kerja, perkembangan perusahaan dan hubungan industrial.

“Kalau pengusaha melanggar ini, akan dikenakan sanksi,” jelasnya.

Aplikasi ini, lanjut Tono, baru akan dilauncing pada April atau Mei. Dengan terus melakukan sosialisasi, diharapkan masyarakat dan pengusaha bisa memanfaatkannya dengan baik.

“Kita akan terus melakukan sosialisasi, karena peraturan yang sudah berlaku sekarang, sepertinya masih kurang tersosialisasikan,” bebernya. (mur)‎

Loading...

loading...

Feeds

43 Prajurit TNI Ditukar US Army

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa menerima kunjungan beberapa perwakilan dari tentara Amerika untuk Indonesia. Dalam pertemuan …