Telkom Targetkan 50 Kampung UKM Digital di Jabar

Logo Telkom

Logo Telkom

Setelah dua komponen besar terpenuhi, kata dia, Telkom juga menetapkan parameter implementasi bagi Kampung UKM Digital diantaranya, tersedianya infrastruktur jaringan broadband. Serta, adanya wadah komunitas UKM seperti koperasi atau lembaga sejenis.


Berikutnya, kata dia, pemanfaatan teknologi informasi di dalam dua ekosistem, misalnya eCommerce. Adanya proses sharing knowledge terkait TI di dalam ekosistem, adanya supervisi dari Pemerintah dan keterlibatan stakeholder lainnya (asosiasi, komunitas, dan akademisi) yang saling mendukung untuk terjadinya akselerasi implementasi pemanfaatan TI di kampung UKM Digital.

Kampung UKM Digital ini, kata dia, mengadopsi konsep financial inclusion dan digital inclusion sekaligus. Melihat potensi Kampung UKM Digital Sentra Topi Rahayu ini, terbuka peluang untuk kita langsung sulap Koperasinya menjadi agen remitansi dan Payment Point Online Banking (PPOB) Delima. Kedepan kita ingin Kampung UKM Digital itu juga transaksi dengan e-Money.

Untuk sukses pelaksanaan Kampung UKM Digital ini, kata dia, Telkom tentu saja tidak berdiri sendiri. Telkom mengajak berkolaborasi dengan pihak-pihak lain, atau dikenal dengan Penta-Helix, yakni Akademisi, pelaku Bisnis, Communitas, birokrasi Goverment dan Media dalam konsep ABCGM. “Kolaborasi tersebut akan mempercepat pengembangan kemampuan pelaku UKM Indonesia,” katanya. (azm)

Loading...

loading...

Feeds