Telkom Targetkan 50 Kampung UKM Digital di Jabar

Logo Telkom

Logo Telkom

Kemudian, kata dia, dari sisi ICT sendiri sudah terbukti. Dengan ICT, mereka bisa meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM baik di bisnis maupun di pengembangan ekonomi. Harapannya, Telkom ingin mengajak dan membawa secepatnya komunitas UKM ini agar maju, mandiri, modern menggunakan ICT atau yang sering disebut era digital. “Secara global, yang ingin kami supprot dengan ICT, UKM akan lebih cepat melakukan akses to market,” katanya.


Kota Bandung sendiri, kata dia, dikenal sebagai kota kreatif di Jawa Barat, begitu juga dengan Kabupaten Bandung. Desa Rahayu merupakan suatu desa di Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung yang memiliki sentra industri topi. Penjualan topi dari Industri Topi di Desa Rahayu bukan hanya di Jawa Barat, namun hingga ke seluruh Indonesia dan Internasional.

Desa Rahayu yang terkenal dengan industri topinya, menurut Suparwiyanto, menginspirasi TELKOM untuk segera merambah dengan peluncuran program Kampung UKM Digital. Sebuah program untuk pengembangan UKM yang diramu sebagai gerakan untuk membina aspirasi satu juta UKM di seluruh Indonesia (BAGUS Indonesia).

Kampung UKM Digital ini, kata dia, melengkapi berbagai program pengembangan UKM yang sebelumnya sedang berjalan, seperti edukasi pemanfaatan TIK bagi UKM di 500 sentra UKM di berbagai kota, 20 Kampung Nelayan Digital, Roadshow BAGUS Indonesia di 30 kota. Target akhirnya, ada sejuta UKM yang berhasil mengadopsi teknologi digital dari Telkom.

Peluncuran Program Kampung UKM Digital Sentra Topi Rahayu berlangsung di Kantor Desa Rahayu, Kabupaten Bandung Selasa (29/3). Diharapkan, dengan diluncurkannya Kampung UKM Digital Sentra Topi Rahayu dapat melengkapi pengembangan UKM di Desa Rahayu.

Suparwiyanto mengatakan, ada dua komponen besar yang dapat dipertimbangkan untuk menyulap sebuah lokasi menjadi Kampung UKM Digital oleh Telkom. Pertama, adanya Core Ecosystem yang menunjukkan keterhubungan antara supplier, produsen, dan saluran distribusi. Kedua, Business Ecosystem yang menunjukkan adanya keterhubungan supplier, produsen, wholeseller,retailer,konsumen akhir, dukungan pemerintah dan lembaga keuangan.

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Menumpuk di Pasar Gedebage

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Terjadi penumpukan sampah di Pasar Gedebage, Kota Bandung, Senin (17/5). Tumpukan sampah disebut terjadi menjelang lebaran, akibat …