Puluhan Tunawisma Kena Razia Binmas Polres Cimahi

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI–Dianggap mengganggu kenyamanan masyarakat, satuan Binmas Polres Cimahi merazia tunawisma dalam operasi Bina Kusuma Lodaya, di Cimindi, Kota Cimahi, Rabu (30/3). Dalam operasi tersebut, petugas mengamankan 29 orang.


Jumlah tersebut total dari beragam kategori. Yaitu, gelandangan, pengemis, dan anak jalanan. “Mereka diamankan karena dianggap mengganggu kenyamanan masyarakat,” ujar Kasat Binmas Polres Cimahi, Heru Rustiono, usai operasi.

Selain itu, hal tersebut bertujuan menciptakan kondisi aman dan nyaman untuk masyarakat.

Heru menambahkan, razia yang dilakukan sekaligus untuk mengantisipasi timbulnya aksi kriminalitas yang dilakukan anak jalanan maupun gangguan kamtibmas lainnya.

Petugas melakukan penyisiran di beberapa lokasi yang biasa dijadikan tempat mangkal gepeng maupun anak jalanan dengan menggunakan mobil dinas, seperti di sekitar Cimindi sampai Cibaligo dan kawasan industri Cimahi.

Beberapa anak jalanan diamankan ketika sedang beristirahat di pinggir jalan seusai mengamen dan tidak bisa menunjukkan kartu identitas.

Setelah diamankan, para tunawisma tersebut dibawa ke Mapolres Cimahi, untuk diberikan himbauan, pembinaan, dan pendataan. Setelah melakukan pendataan, para tunawisma dijemput oleh orangtua atau keluarganya.

“Anak jalanan harus pulang ke rumah orang tuanya agar tak menimbulkan keresahan,” terangnya.

Pihaknya menegaskan, operasi dilakukan untuk kepentingan penertiban. Pasalnya, banyak warga yang mengeluhkan dengan keberadaan tunawisma yang berada di sejumlah titik di kota Cimahi, salah satunya di Cimindi.

“Kami sekedar lakukan penertiban, agar keberadaan gepeng maupun anak jalanan tak mengganggu ketenangan dan kenyamanan masyarakat,” pungkasnya.

Salah seorang pengamen yang diamankan, Yuda (10) mengaku lahir di Lembang tapi menetap di Cimahi. Ia pun mengaku tidak sekolah dan setiap hari mengamen.

“Ga sekolah, tiap hari cari uang dengan mengamen,” kata Yuda. (bie)

Loading...

loading...

Feeds

Habib Rizieq Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com,JAKARTA– Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab minta maaf karena beberapa waktu lalu dirinya membuat kerumunan massa …

Viral Azan Serukan Jihad

POJOKBANDUNG,com, BANDUNG – Aksi sekelompok orang yang mengumandangkan azan pada beberapa tempat viral di media sosial (medsos). Namun, dari panggilan …