Waspada, Ancaman Puting Beliung Meningkat Sebulan Kedepan

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Warga Kabupaten Bandung diminta mewaspadai cuaca yang akan berubah dalam satu bulan kedepan. Pasalnya, cuaca akan mengalami perubahan dari musim penghujan ke musim kemarau.


Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab Bandung, Tata Irawan Sobandi mengatakan, berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG, hujan dengan intensitas normal masih akan terjadi hingga akhir April mendatang.

“Nanti April dan Mei masuk musim kemarau basah,” tutur Tata.

Pada musim kemarau basah, hujan dimungkinkan masih akan terjadi, namun intensitasnya rendah. Kondisi tersebut, bisa berpotensi menimbulkan angin puting beliung.

Menurut Tata, pada saat musim kemarau basah, hujan masih akan terjadi namun dimungkinkan tidak merata di semua daerah. Dengan kondisi tersebut, suhu dan tekanan udara tak akan sama antara daerah satu dengan daerah lainnya dan berpotensi terjadinya puting beliung, terutama di dataran rendah.

Di Kabupaten Bandung sendiri, terdapat beberapa wilayah yang berpotensi terjadi puting beliung, seperti  di Baleendah, Ciparay, Pameungpeuk, Katapang dan Soreang.

“Saat melihat gejala angin puting beliung segera menyelamatkan diri. Kita juga sudah sosialisasi kepada warga untuk mewaspadai sejumlah bencana,” ujarnya. (mld)

Loading...

loading...

Feeds