Wagub Jabar Keluhkan 6 Kabupaten/Kota, Ini Penyebabnya

Deddy Mizwar

Deddy Mizwar

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar merasa kecewa dengan masih adanya kabupaten/kota di Jawa Barat yang belum memiliki Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Padahal lembaga tersebut keberadaanya sangat dibutuhkan mengingat hampir seluruh daerah di Jabar rawan bencana.

Deddy mengatakan, kondisi geografis Jabar rawan bencana seperti banjir, tanah longsor, hingga angin puting beliung. “Sudah berkali-kali saya ngomong (untuk segera dibentuk BPBD), sudah capek. Tanggung jawab dia (kepala daerah) sama Alloh. Karena mainin nyawa orang,” kata Deddy, di Gedung Sate, Bandung, Selasa (29/3).

Deddy mengaku, pihaknya telah mengirim surat teguran kepada ke enam daerah yakni Kota Bandung, Cimahi, Kabupaten Subang, Purwakarta, Cirebon, dan Karawang. Namun, hingga saat ini dirinya tidak mengetahui pasti alasan ke-enam daerah itu belum membentuk BPBD.

“Kita tetap tegur, secara tertulis sudah. Dari 2013 akhir,” ucapnya. Deddy melanjutkan, akan terus mendorong ke-enam daerah tersebut untuk segera membentuk BPBD.

“Akan dorong terus (untuk pembentukan BPBD). Aturan begitu. Ada bencana lagi, enggak dibikin (BPBD) lagi,” katanya.

Disinggung daerah mana yang paling lamban dalam pembentukan BPBD, menurut Deddy semua daerah tersebut lambat. “Saya selalu bertanya, kabupaten/kota mana di Jawa Barat yang aman dari bencana? Kenapa tidak dibuat? Atau belum tanya (kepala-kepala daerah) yang bersangkutan,” pungkasnya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Menumpuk di Pasar Gedebage

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Terjadi penumpukan sampah di Pasar Gedebage, Kota Bandung, Senin (17/5). Tumpukan sampah disebut terjadi menjelang lebaran, akibat …