PD Kebersihan Kota Bandung Mampu Atasi Sampah, Asalkan…

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–PD Kebersihan Kota Bandung optimistis mampu mengatasi masalah sampah tanpa bantuan APBD. Itu bisa direalisasikan asalkan iuran sampah Rp40 ribu per kepala keluarga (KK) per bulan.


“Tapi yang menjadi tanggung jawab kita sampah di jalan protokol dan sampah yang diangkut dari TPS ke TPA,” ujar Direktur Umum (Dirum) PD Kebersihan Gungun Saptari Hidayat, kepada wartawan dalam acara Bandung Menjawab, Selasa (29/3).

Gungun mengatakan, tahun ini pihaknya mendapat bantuan dari APBD sebesar Rp105 miliar, untuk kebutuhan operasional. Dari kebutuhan sebenarnya sekitar Rp150 miliar.

“Biaya operasional ditambah dengan pemasukan dari tarif sampah yang diambil warga dan komersil,” ungkapnya.

Tarif sampah ini, lanjut Gungun, tahun lalu mencapai Rp24,7 miliar, dari target Rp25 miliar. Sedangkan tahun ini ditrgetkan sebesar Rp30 miliar.
“Untuk itu kami menggenjot agar tahun ini bisa tercapai,” tegasnya.

Salah satu cara yang akan dilkukan PD Kebersihan, adalah dengan menawarkan pelayanan prima kepada komersil. Dengan pelayanan yang diberikan juga sangat baik.

“Kalu sudah jadi nasabah, kita bisa memberikan keuntungan lebih dengan memberikan cash back,” jelasnya.

Caranya, dengan ‘menguangkan’ sampah yang memiliki nilai ekonomi. Sehingga, uangnya bisa dikembalikan kepada mereka sebagai nasabah.

“Jadi mereka juga bisa mendapatkan keuntungn,” terangnya. (mur)‎

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Menumpuk di Pasar Gedebage

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Terjadi penumpukan sampah di Pasar Gedebage, Kota Bandung, Senin (17/5). Tumpukan sampah disebut terjadi menjelang lebaran, akibat …