Pasca Banjir Cimahi, ISPA dan Penyakit Kulit Menginfeksi Ratusan Warga

Sebuah rumah di Kota Cimahi terendam banjir. Foto: Ilustrasi/Bahi Binyatillah

Sebuah rumah di Kota Cimahi terendam banjir. Foto: Ilustrasi/Bahi Binyatillah

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Banjir yang terjadi di beberapa wilayah di Kota Cimahi menyisakan ancaman penyakit yang bisa mengancam kesehatan. Banjir yang mengakibatkan air tercemar bisa menyebabkan penyakit ISPA dan kulit.


Dari data yang didapat dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi, ISPA dan penyakit kulit menjadi penyakit yang mendominasi dan paling sering dikeluhkan masyarakat yang terkena banjir.

Dinkes Kota Cimahi mendirikan Posko pelayanan kesehatan di sejumlah titik banjir yang terjadi beberapa waktu lalu, seperti di daerah Melong, Kelurahan Utama, dan lainnya.

“Hari pertama dari pelayanan, didapatkan data masyarakat yang berobat sebanyak 103 orang, yang paling dikeluhkan penyakit ISPA dan kulit. Jumlah itu yang di daerah Melong saja,” ujar Sekretaris Dinkes Kota Cimahi, Fitriani Manan .

Sementara untuk di Kelurahan Utama, ia mengaku belum mendapatkan data yang pasti. Hanya saja, ia mengungkapkan keluhan kesehatan masyarakat yang terdampak banjir didominasi ISPA dan penyakit kulit.

Lebih lanjut ia katakan, Kondisi daya tahan tubuh cenderung melemah pada saat musim penghujan. “Perubahan udara menyebabkan daya tahan tubuh menurun dan cenderung rentan penyakit,” terangnya.

Selain penyakit ISPA dan kulit, penyakit lain yang harus diwaspadai adalah diare. Pasalnya, ketika banjir kondisi air menjadi tercemar. (bbb)

Loading...

loading...

Feeds

Sosok Habib Rizieq di Mata UAS

POJOKBANDUNG.com – Ustadz Abdull Somad (UAS) memberikan pandangannya terhadap sosok Habib Rizieq Shihab. Imam besar Front Pembela Islam (FPI) itu …