Kejati Tetapkan Buron, La Nyalla Tidak Keder

La Nyalla Matalitti

La Nyalla Matalitti

POJOKBANDUNG.com, SURABAYA – Penyidik Kejati Jatim memasukkan La Nyalla Matalitti dalam daftar pencarian orang (DPO). Jaksa menyebar personel untuk melacak keberadaannya baik di Surabaya, Jakarta, hingga Malaysia dan Singapura.


Meski begitu, tersangka kasus dugaan dana hibah Kadin Jatim itu memastikan tidak keder dan tetap menolak datang ke Kejaksaan sebelum ada putusan pra peradilan.

Kepastian itu diucapkan La Nyalla beberapa jam sebelum Kejaksaan mengumumkan statusnya sebagai buron. Dia menyatakan tidak akan mendatangi Kejaksaan selama belum ada putusan pra peradilan.

“Setelah putusan itu, mau hasilnya diterima atau ditolak, Pak Nyalla akan datangi Kejaksaan,” kata Akhmad Riyadh, kuasa hukumnya.

Dia mengatakan, kepastian sikap itu disampaikan melalui sambungan telepon. Menurut Riyadh, dia menghubungi kliennya dalam rangka menjelaskan kemungkinan terburuk setelah tidak memenuhi panggilan ketiga pada Senin (28/3).

Dalam kesempatan itu, dia sudah menyebutkan bahwa Kejaksaan bakal menetapkan sebagai buron. Meski demikian, kliennya menyatakan sudah bertekad bulat tidak akan datang ke Kejaksaan sampai ada putusan.

Riyadh menegaskan, sikap tersebut karena dia dan kliennya ingin menguji keabsahan surat perintah penyidikan (sprintdik) yang menjadi dasar untuk menetapkan La Nyalla sebagai tersangka.

”Kalau sudah diuji dan hasilnya bagaimana, baru klien kami bersikap,” ucapnya.

Bahkan La Nyalla sudah membuat rencana usai pembacaan putusan pra peradilan. Misalnya jika permohonan itu diterima, maka dia akan mendatangi Kejaksaan untuk menegaskan dia memang tidak patut disalahkan. Begitu pun jika ditolak, maka dia datang ke Kejaksaan untuk menjalani pemeriksaan. (eko)

Loading...

loading...

Feeds

Momen RAFI 2021, Telkomsel Siaga Maksimalkan Jaringan

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel siap memastikan ketersediaan kualitas jaringan dan layanan yang prima demi menghadirkan pengalaman digital untuk #BukaPintuKebaikan bagi masyarakat …