Jadi Buron, La Nyalla ke Luar Negeri Tak Lewat Juanda

La Nyalla Mattalitti

La Nyalla Mattalitti

POJOKBANDUNG.com- ASISTEN Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Jatim I Made Suarnawan menegaskan bahwa La Nyalla Mattaliti telah ditetapkan sebagai buron.


Tersangka kasus dugaan penyelewengan dana hibah Pemprov Jatim ke Kadin tersebut sudah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) sejak hari ini.

Dia menambahkan bahwa penetapan Ketua Umum (Ketum) Kadin Jatim sebagai DPO berdasar sikapnya selama penyidikan. Salah satunya, mangkir dari pemanggilan sebanyak tiga kali. “Berdasar itu kami menetapkan DPO,” katanya.

Termasuk juga upaya jaksa menjemput paksa dan mencari La Nyalla yang tidak membuahkan hasil. Karena saat ini, dia sudah berada di luar negeri. Kabarnya Ketum PSSI itu tengah berada di Malaysia. Untuk urusan bisnisnya.

La Nyalla terbang ke luar negeri pada 17 Maret lalu. Sehari setelah tim penyidik Kejati Jatim menetapkan dia sebagai tersangka. Saat itu, La Nyalla masih bisa pergi ke luar negeri karena namanya belum masuk dalam daftar orang yang dicegah dan ditangkal (tangkal) ke luar negeri.

Kepergian La Nyalla bertepatan dengan pengiriman surat permohonan cekal dari Kejati Jatim ke Kejagung. Surat permohonan itu sendiri baru diterima Direktorat Jenderal Imigrasi pada 18 Maret.

Saat La Nyalla sudah tak lagi di Indonesia. Hal itu pula yang membuatnya bisa lolos terbang ke mancanegara. Karena saat ke luar negeri, namanya masih aman. Belum masuk daftar cekal.

La Nyalla sendiri meninggalkan tanah air tidak melalui bandara Juanda. Berdasar data, dia ke luar negeri dengan maskapa Garuda pada pukul 16.30 melalui bandara Soekarno-Hatta.

Zaeroji, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya menegaskan bahwa berdasar data perlintasan penumpang pesawat terbang di bandara Juanda pada 17 Maret, tidak ditemukan nama La Nyalla. ”Tidak ada dari Juanda,” katanya. (may)

Loading...

loading...

Feeds

Penelitian dalam Negeri Harus Didukung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan upaya membuat vaksin dalam negeri harus didukung. Selain untuk memenuhi kebutuhan …

Calon Jemaah Haji Wajib Divaksin

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kementerian Kesehatan Arab Saudi dikabarkan telah mengeluarkan kebijakan baru terkait syarat mengikuti ibadah haji. Berdasarkan informasi hanya …

Rachmat Yasin Dituntut Empat Tahun Bui

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Mantan Bupati Bogor, Rachmat Yasin, dituntut empat tahun penjara atas kasus korupsi. Yasin diduga menerima gratifikasi dari …

Tukang Rias Meninggal di Kamar Kos

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Warga Kelurahan Panglejar, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, mendadak geger. Mereka dikejutkan dengan temuan sesosok mayat laki-laki di …

15 Nakes Covid, Puskesmas Cisalak Ditutup

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Puskesmas Cisalak, Kabupaten Subang ditutup. Ini karena 15 nakesnya terkonfirmasi positif virus Covid-19. Penutupan dilakukan selama 14  …

Ratusan Prajurit Kodam Divaksin Sinovac

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Ratusan prajurit TNI dijajaran Kodam III/Siliwangi menerima suntikan Vaksinasi Sinovac. Hal tersebut disampaikan Kapendam III/Siliwangi Kolonel Inf …