Pemprov Jabar Genjot Pembangunan di Selatan

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan saat melakukan kunjungan ke sejumlah daerah di wilayah Jabar Selatan, beberapa waktu lalu.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan saat melakukan kunjungan ke sejumlah daerah di wilayah Jabar Selatan, beberapa waktu lalu.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus mengembangkan pembangunan di wilayah selatan. Selain memiliki potensi wisata yang unggul, Jabar selatan pun memiliki potensi besar untuk menjadi daerah pengembangan pertanian.


Oleh karena itu, sebagai langkah awal, Pemprov Jabar gencar membangun dan meningkatkan kualitas jalan di Jabar selatan. Gubernur Jabar Ahmad Heryawan menyontohkan, Pemprov Jabar telah membangun 403 kilometer jalan di sepanjang pesisir pantai selatan dari Pangandaran sampai Palabuhan Ratu, Sukabumi.

Pembangunan jalanan yang telah diaspal serta sebagian lainnya dibeton ini telah menghabiskan biaya sekitar Rp 1 triliun. Kondisi ini, kata Heryawan, jauh berbeda dengan 2008 silam.

“Kita catat sejarah, membangun jalan sepanjang 403 kilometer dari Pangandaran sampai Cibarenok Palabuhan Ratu. Sepanjang Indonesia medeka, kakara Jabar Selatan boga jalan alus (baru kali ini Jabar selatan punya jalan bagus),” kata Heryawan, Minggu (27/3).

Menurut Heryawan, di pulau Jawa, hanya Jabar yang mampu membangun jalan terpanjang. Hal ini bisa dilakukan karena Pemprov Jabar memiliki tekad dan itikad yang baik untuk melayani masyarakat.

“Awalnya jalan di jalur selatan Jabar sebagian besar dikuasai pemerintah kabupaten/kota. Tapi kami ambil alih untuk memudahkan pembangunan,” katanya.

Dengan tersedianya jalan yang layak, menurutnya akan memicu peningkatan aktivitas masyarakat sehingga berimbas pada pergerakan ekonomi. “Jadi infrastruktur Jabar selatan memang prioritas, karena infrastruktur Jabar utara dan tengah sudah lebih dulu dibangun,” katanya.

Lebih lanjut Heryawan katakan, dirinya memiliki harapan besar untuk pengembangan Jabar selatan. Salah satunya dengan menata kawasan pembangunan.

Menurutnya, kawasan pantai Jabar selatan memiliki persona alam yang sangat luar biasa dari Pangandaran, Tasikmalaya, Garut hingga Palabuhan Ratu. Untuk itu, pihaknya menginginkan sepanjang jalan tersebut bisa memberikan kesan keindahan sehingga mampu menarik wisatawan.

Menurutnya, untuk mendukung harapan tersebut, pihaknya akan melengkapi dengan pembangunan sarana dan prasarana di beberapa titik seperti pembangunan Masjid Raya Pameungpeuk Garut. Selain itu, penambahan sarana kesehatan seperti penambahan ruang rawat inap dan peralatan kesehatan di RSUD Pameungpeuk terus diupayakan. Untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia, Heryawan mengaku telah memiliki rencana besar dengan melakukan penambahan ruang kelas belajar baru yang dilengkapi fasilitas labolatorium dan perpustakaan di seluruh SMA/SMK. (agp)

Loading...

loading...

Feeds