Pemkot Bandung Minta Bantuan Pemprov Bikin Bendungan Sampah

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan Wagub Deddy Mizwar saat meninjau sampah Sungai Citarum beberapa waktu lalu. Foto: Khairizal Maris

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan Wagub Deddy Mizwar saat meninjau sampah Sungai Citarum beberapa waktu lalu. Foto: Khairizal Maris

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Pemerintah Kota Bandung meminta Pemerintah Provinsi Jawa Barat membantu pembuatan bendungan sampah di titik-titik aliran sungai yang banyak digenangi sampah. Ini sebagai upaya untuk mengatasi persoalan sampah yang tidak jarang berakibat banjir ini.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, pihaknya bersama Pemerintah Kabupaten Bandung telah menyepakati sejumlah kerjasama, di antaranya tentang penanganan sampah dan banjir. Berdasarkan kesepakatan itu, pihaknya bersama Pemkab Bandung akan mengonsep solusi jangka menengah penanganan sampah di daerah-daerah perbatasan.

“Kami diberi waktu tujuh hari untuk mengonsep jangka menengah penanganan sampah bersama. Sehingga di daerah-daerah perbatasan bisa dikelola tanpa harus lama,” kata Ridwan Kamil usai menghadiri rapat bersama Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, di Gedung Sate, Bandung, Senin (28/3).

Selain akan membuat bendungan sampah, kata Ridwan Kamil, Pemkot Bandung telah mengeruk sejumlah aliran sungai untuk menekan terjadinya luapan air. Ridwan Kamil menambahkan, untuk menekan kiriman air dari Kota Bandung saat hujan, pihaknya pun akan membuat sejumlah kolam retensi (reservoir).

“Bikin kayak basement, tapi isinya air,” katanya. Keberadaan reservoir ini diharapkan mampu menampung air yang meluap dari sungai.

Sebagai contoh, luapan air dari sungai yang melintasi kawasan Pagarsih sangat besar. Padahal, kata Ridwan Kamil, pihaknya sudah memperbesar gorong-gorong saluran air di kawasan tersebut.

Sehingga, tambah Ridwan Kamil, pembangunan reservoir ini pun akan diprioritaskan di daerah-daerah yang aliran airnya deras. “Kolam-kolam retensi kemungkinan pakai dulu di Pagarsih. Airnya besar, padahal gorong-gorong di Pagarsih sudah diperbesar,” katanya.

Untuk pembangunan reservoir itu, pihaknya pun akan dibantu pemprov yang berasal dari dana darurat APBD Pemprov Jabar. Kendati begitu, Rdiwan Kamil mengaku belum mengetahui volume kolam serta besaran dana yang dibutuhkan untuk pembangunan tersebut.

“Volumenya lagi dihitung. Citepus Pagarsih ini berapa,” katanya.

Sementara, untuk mengatasi banjir yang biasa melanda kawasan Gedebage, Ridwan Kamil pun menilai keberadaan dua danau yang akan dibangun mampu menjadi solusi yang ampuh. Bahkan, Ridwan Kamil optimistis banjir Gedebage akan segera tuntas tahun depan seiring pembangunan dua kolam retensi tersebut.

Saat ini, kata dia, pembangunan danau itu sudah masuk pada proses tender. Salah satunya danau yang merupakan bagian dari pembangunan masjid terapung yang digagas Pemprov Jabar.

“Target Pak Gubernur minta 19 Agustus pas ulang tahun Jabar grundbreaking. Sekarang lagi pembebasan lahan, pendetailan, dan-lain-lain,” katanya.

Menurutnya, kolam seluas 10 hektare itu akan mampu menampung air sekitar 30 ribu meter kubik. “Kolamnya kurang lebih 10 hektare, kedalamannya tiga meter,” katanya.

Ridwan Kamil menyebut, saat ini sedang dilakukan pembebasan lahan seluas lima hektare dan akan segera ditambah lagi lima hektare. Menurut rencana, kolam tersebut akan tuntas pada 2017 mendatang berbarengan dengan danau lainnya yang dibikin oleh salah satu pengembang swasta.

“Danauya pemprov, Summarecon beres, Insya Alloh tahun depan Gedebage aman (dari banjir),” pungkasnya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …