Masjid Terapung Segera Direalisasikan, Danaunya untuk Solusi Banjir Gedebage

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG– Pembangunan masjid terapung yang digagas Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan semakin mendekati kenyataan. Menurut rencana, pembangunan Masjid Raya Provinsi Jawa Barat ini akan dimulai pada 19 Agustus mendatang.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengatakan, peletakan batu pertama pembangunannya akan dilakukan saat peringatan hari jadi Jabar pada 19 Agustus mendatang. Bahkan, Heryawan mengaku sudah memiliki nama untuk masjid tersebut yakni Masjid Al Jabbar.

“Namanya Al Jabbar. Itu kan bisa berarti Jawa Barat, bisa juga matematika. Bisa juga asmaul husna yang artinya Yang Maha Kuasa,” kata Heryawan usai bertemu Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, di Gedung Sate, Bandung, Senin (28/3).

Menurut Heryawan, pihaknya sudah melakukan pembahasan terkait pembangunan masjid terapung ini. Heryawan menyebut, masjid terapung ini akan dibangun di atas lahan
seluas 21 hektare.

Dari jumlah tersebut, untuk pembangunan masjidnya mencapai sekitar 11 hektare dan 10 hektare-nya untuk pembangunan danau. “Anggaran pembangunan masjid itu APBD Jawa Barat sekitar Rp 500 miliar. Sedangkan untuk danaunya itu dari APBN,” katanya.

Selain itu, kata Heryawan, saat ini pun pihaknya masih melakukan pembahasan untuk fungsi lain dari pembangunan masjid tersebut. Menurutnya, selain untuk tempat beribadah, masjid tersebut pun rencananya akan dijadikan sebagai pusat dakwah Islam.

Terlebih, nantinya di sana akan dibangun museum sejarah Nabi Muhammad SAW, museum Asmaul Husna, museum Jawa Barat, tempat pelatihan, perpustakaan, dan lainnya. “Jadi nanti di sana akan menjadi salah satu tempat pusat kajian Islami,” katanya.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, dirinya ditunjuk menjadi konseptor dan arsitek pembangunan masjid terapung di kawasan Gedebage. Selain ada museum, kata Emil, di halaman masjid tersebut akan dibuat semacam Kabah sehingga bisa digunakan untuk manasik. “Kapasitasnya bisa mencapai sekitar 50 ribu orang,” katanya.

Lebih lanjut dia katakan, danau di area masjid ini pun akan berfungsi sebagai peredam banjir. Air luapan yang selama ini menggenangi jalanan akan ditampung di kolam tersebut. (agp)

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …