Jabatan Bupati Sumedang Ade Irawan Resmi Dicopot

Ade Irawan

Ade Irawan

 


POJOKBANDUNG.com BANDUNG–Pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri resmi mencopot Ade Irawan dari jabatannya sebagai Bupati Sumedang. Pencopotan ini seiring dengan tindakan korupsi yang dilakukannya saat menjabat Ketua DPRD Kota Cimahi periode 2009-2014.

Pencopotan Ade ini ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.32.971 Tahun 2016 tentang Pemberhentian Bupati Sumedang oleh Gubernur Jabar Ahmad Heryawan kepada Wakil Bupati Sumedang Eka Setiawan, di Gedung Sate, Bandung, Senin (28/3). Heryawan mengatakan, dengan adanya penyerahan ini, Eka resmi menjabat sebagai pelaksana tugas bupati.

“Kita sudah serahkan SK-nya. Surat Keputusan Mendagri ini menyatakan pemberhentian Ade Irawan sebagai Bupati Sumedang, juga sekaligus mengukuhkan pelaksana tugas atau Plt. Bupati Sumedang, dan menugaskan Wakil Bupati Sumedang Pak Eka Setiawan sebagai Plt Bupati Sumedang,” kata Heryawan.

Oleh karena itu, Heryawan meminta DPRD Kabupaten Sumedang untuk segera memroses pengukuhan plt. Bupati Sumedang menjadi bupati definitif. “Selain itu kita pun meminta DPRD Kabupaten Sumedang untuk segera memilih Wakil Bupati Sumedang definitifnya,” katanya.

Plt. Bupati Sumedang Eka Setiawan mengatakan, dengan adanya SK penunjukan dirinya sebagai Plt Bupati Sumedang, pihaknya menyerahkan proses tersebut ke DPRD Kabupaten
Sumedang.Terlebih, badan legislatif tersebut memilki kewenangan untuk mengajukan hal itu.

“Untuk selanjutnya ya menunggu proses DPR, karena ada aturan yang mengatur itu,” kata Eka di tempat yang sama. Disinggung penunjukkan Wakil Bupati Sumedang, Eka pun menyerahkan hal tersebut kepada DPRD Kabupaten Sumedang.

“Kita lihat nanti, ya kalau lebih dari 18 bulan tentunya itu harus ada wakil, kalau kurang tidak diperlukan. Tetapi mekanismenya itu tergantung nanti DPRD yang mengatur,” katanya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Menumpuk di Pasar Gedebage

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Terjadi penumpukan sampah di Pasar Gedebage, Kota Bandung, Senin (17/5). Tumpukan sampah disebut terjadi menjelang lebaran, akibat …