Wuiih… 30 Ribu Sambungan Ilegal, PDAM Kota Bandung Merugi Rp30 M

Dirut PDAM Kota Bandung saat melakukan pemutusan sambungan pipa pelanggan yang melanggar.

Dirut PDAM Kota Bandung saat melakukan pemutusan sambungan pipa pelanggan yang melanggar.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG— Tak kurang dari 30 ribu sambungan ilegal pipa Perusahaan Daerah Air minum (PDAM) Kota Bandung. Akibat sambungan liar itu, PDAM mengalami kerugian mencapai Rp30 miliar.
Hal itu diungkapkan Direktut Utama (Dirut) PDAM Tirtawening Kota Bandung Sonny Salimi.


“Sambungan liar ini adalah mereka yang menyatakan tidak menjadi pelanggan PDAM, dan sambungan pipa sudah kami putus tapi mereka menyambungkan sendiri,” ujar Sonny.

Belum lagi, kata sonny, kerugian akibat tunggakan pelanggan aktif mencapai Rp64 miliar dari 40 ribu pelanggan dari total pelanggan PDAM sekitar 155 ribu pelanggan. Sebab itu, Sonny meminta kepada seluruh pelanggan PDAM agar membayar tepat waktu.

“Kalau tidak ada tunggakan, kita bisa menekan tarif langganan air. Karena uang yang keluar dan masuk ke kas PDAM lancar,” terangnya.

Kalau kondisinya begini, menurut Sonny, tidak adil untuk pelanggan yang membayar tepat waktu. Karena biaya yang mereka keluarkan, juga menanggung beban mereka yang menunggak.

“Jadi ya kita sama-sama mengingatkan,” tegas Sonny.

Sementara, untuk pelanggan yang ingin memasang baru atau kembali mengaktifkan sambungan airnya, bisa databg langsung ke kantor PDAM Tirtawening Kota Bandung di Jalan Badaksinga nomor 10.

“Kamu tidak membenarkan, jika ada warga yang menggunakan jasa calo,” tambahnya.

Salah satu pelanggan yang sudah menutuskan tidak berlangganan tapi masih menggunakan air PDAM adalah warga di JL Damarwulan 2 No 3.

Berdasarkan keterangan penunggu rumah, Enung, yang tinggal di rumah itu, adalah penilik rumah yang sudah 10 tahun sakit-sakitan.

“Ini rumah milik Pak Suwarno. Saya mengurus beliau sendiri karena sudah 10 tahun sakit,” katanya.
Anak-anak pak Suwarno sendiri, jarang datang untuk menengok. Karenanya, lanjut Enung, dirinya tidak tahu menahu tentang sambungan pipa PDAM yabg ilegal.

“Tapi nanti kalau anaknya bapak datang, saya akan sampaikan,” tambahnya. (mur)

Loading...

loading...

Feeds

Pemkab Belum Ada Rencana Perbaikan

POJOKBANDUNG.com, BEKASI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, belum ada rencana untuk memperbaiki bangunan sekolah rusak yang terdampak banjir. Kepala Dinas …

Jembatan Cisokan Tak Kunjung Diperbaiki

POJOKBANDUNG.com, CIANJUR – Sebuah jembatan yang menghubungkan Desa Cibanggala dengan pusat pemerintahan Kecamatan Campakamulya, Kabupaten Cianjur ambruk diterjang air Sungai …

Dua Orang Tersangka Masih Buron

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Polres Cimahi menetapkan delapan orang sebagai tersangka dalam bentrokan antar geng motor yang terjadi di Jalan Raya …

Kades Merem Melek, Takut Jarum Suntik

POJOKBANDUNG.com, TANJUNGSARI  – Lantaran belum pernah merasakan disuntik sejak 58 tahun. Kepala Desa Kutamandiri Caca Suryana menutup wajahnya dengan menggunakan …

147 Orang Akan di Test Swab

POJOKBANDUNG.com, PARONGPONG – Berdasarkan hasil tracing Puskesmas Ciwaruga terhadap kontak erat jamaah ziarah yang terpapar COVID-19 di Kampung Pangkalan RW …

Harapan Ekonomi di Tangan Petani

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Ditengah situasi pandemi Covid 19, program 5.000 petani milenial yang digagas oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat diharapkan …

Rina Gunawan Meninggal Dunia

Rina Gunawan, istri dari Teddy Syach dikabarkan meninggal dunia pada hari ini Selasa (2/3). Kabar duka tersebut dibenarkan sang manajer.