Atasi Sampah, Ridwan Kamil Akan Siapkan ATM Sampah

Ridwan Kamil

Ridwan Kamil

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Persoalan sampah kini menjadi perhatian serius Pemerintah Kota Bandung. Untuk menuntaskan masalah sampah, Pemkot Bandung telah membuat sejumlah program termasuk membentuk tim khusus. Tak kalah penting, Pemkot juga melakukan upaya edukasi yang akan diterapkan untuk meminimalisasi tumpukan sampah seiring hadirnya inovasi baru berupa ATM sampah yang tengah dalam pengkajian.


“Untuk teknis seperti apa progres soal penerapan ATM ini saya serahkan ke Pak Sekda beliau yang mengurusnya lebih detail. Intinya semua inovasi yang dianggap bisa mengurangi sampah pasti akan langsung saya jawab iya,” ujar Walikota Bandung Ridwan Kamil di Pendopo Bandung, Kamis (24/3).

Sebenarnya menurut Ridwan Kamil teknologi ATM sampah ini sudah ada di beberapa negara Eropa. Dengan ATM sampah ini, sampah yang disetor dalam kondisi tertentu nanti akan keluar kupon atau seperti surat keterangan telah menyetor, sehingga nanti mempunyai nilai ekonomis dari sampahnya sendiri.

“Jadi semakin banyak dia punya kupon, kupon berpeluang juga mendapatkan sesuatu, karena bisa ditukar dengan barang yang bernilai, kira-kira begitu lah. Jadi bukan selalu berupa rupiah yang langsung diterima cash tapi kupon yang bisa ditukar,” jelas Ridwan Kamil.

Adanya inovasi ini, menurut Ridwan Kamil, agar warga Bandung mau memilah-milah sampah dan paham bila usaha pilahan sampahnya itu punya nilai. Sistem ini, kata dia, akan memperingan warga saat bingung mau dikemanakan sampahnya karena ATM sampah ini sebagai upaya jemput bola seperti adanya bank sampah.

“Kaya bank saja orang mau ngambil duit gak usah ke bank cukup liat mesin atm. Begitupun warga yang bingung buang sampah. Nantinya saya berharap ATM dipasang di beberapa tempat. Saya pernah lihat di Yunani yang menerapkan sistem ini dan itu keren cuma disana fokus untuk sampah kaleng,” jelasnya.(mur)

Loading...

loading...

Feeds