Hindari Kecurangan, Ini Strategi Anyar Kemendikbud Hadapi UN Tahun Ini

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Ujian nasional kini sudah tidak lagi menjadi penentu kelulusan. Namun potensi kecurangan masih tetap ada.


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memiliki strategi baru dalam mengamankan ujian massal tahunan itu.

Untuk jenjang SMA sederajat, ujian nasional tahun ini digelar mulai 4 April. Sedangkan di jenjang SMP sederajat pada 9-12 Mei.

Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendikbud Daryanto menuturkan senjata terbaru mereka untuk menjaga kelancaran ujian nasional 2016 adalah indeks integritas ujian nasional 2015.

“Jadi nilai indeks integritas ujian nasional tahun lalu tidak didiamkan begitu saja,” katanya.

Kemendikbud bakal membongkar kembali file indeks integritas ujian nasional 2016. Kemudian akan disaring daerah atau sekolah-sekolah dengan nilai indeks kejujuran terendah.

Setelah itu Kemendikbud bakal menjalankan sistem pengawasan ujian nasional yang lebih ketat.

Pejabat kelahiran Klaten, 4 Januari 1962 itu mengatakan jika ada sekolah atau daerah mendapatkan indeks kejujuran yang rendah, mengindikasikan terjadi kecurangan.

Sebab yang diukur dalam indeks integritas tersebut adalah kecurangan siswa dalam mengerjakan ujian.

“Semakin banyak curangnya, maka semakin rendah nilai indeks integritasnya,” kata Daryanto.

Pria yang mengawali karir di Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) itu menuturkan, tujuan Kemendikbud memberlakukan pengawasan lebih ketat maksudnya baik.

Yakni mereka ingin supaya tahun ini semakin banyak sekolah yang mendapatkan indeks integritas tinggi.

Dalam rekapitulasi Kemendikbud terdapat sejumlah provinsi yang memiliki nilai rerata indeks integritas ujian nasional 2015 rendah.

Diantaranya Provinsi Bali dengan rerata indesk integritas 58,53 poin dibawah rerata nasional 63,28 poin. Kemudian di Provinsi Jawa Timur (62,91 poin) dan Provinsi Sumatera Selatan (58,69 poin). (wan)

 

Loading...

loading...

Feeds

Indikator Menuju Desa Maju

MAJU desanya, makmur dan sejahtera warganya. Mungkin ini adalah dambaan setiap orang, untuk menciptakan lingkungan yang nyaman. Inilah yang disebut …

Sosok Habib Rizieq di Mata UAS

POJOKBANDUNG.com – Ustadz Abdull Somad (UAS) memberikan pandangannya terhadap sosok Habib Rizieq Shihab. Imam besar Front Pembela Islam (FPI) itu …