Usai Dilantik Deklarasi Cagub, Bupati Tasikmalaya Dianggap Melanggar Etika

ilustrasi bursa Pilgub Jabar

ilustrasi bursa Pilgub Jabar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Sikap Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum yang menyatakan diri sebagai calon Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023, sejam usai dilantik oleh Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, di Gedung Sate, Bandung, Rabu (23/3), menuai sorotan dari berbagai kalangan.


Salah satunya Pakar politik dari Universitas Katolik Parahyang Bandung, Asep Warlan Yusuf. Menurut Asep, sikap Uu tersebut telah melanggar etika pemerintahan.

Menurutnya, terdapat etika yang harus diperhatikan dalam melaksanakan pemerintahan. Oleh karena itu, Asep meminta pemerintah pusat menegur sikap Uu yang dianggap telah melecehkan hak masyarakat.

“Jadi perlu ada teguran dari Mendagri agar yang bersangkutan menjalankan pemerintahan sebagai bupati terlebih dahulu,” kata Asep saat dihubungi di Bandung, kemarin. Menurutnya, Uu harus memenuhi janji politiknya terlebih dahulu pada masyarakat.

“Intinya harus memperhatikan etika dan janji politik terhadap masyarakat. Pilgub Jabar masih lama dan seharusnya Uu berkomitmen,” paparnya.
Sesaat usai dilantik, Uu tampil di hadapan ratusan massa yang terdiri dari warga dan kader PPP di sekitar Tasikmalaya, yang sudah menunggu di luar halaman Gedung Sate. Mereka langsung mendoakan Uu. “Mari kita doakan semoga Kang Uu terpilih sebagai Gubernur Jawa Barat 2018,” ucap salah seorang pendukungnya.

Uu mengaku bahagia dengan dukungan tersebut. Tanpa pikir panjang, Uu pun menyatakan kesiapannya sebagai pemimpin Jabar.

Bahkan, Uu menegaskan, massa hanya meminta dirinya sebagai calon gubernur, sehingga dirinya belum mau berpikir jika harus menjadi wakil gubernur. “Jadi Jabar 1,” katanya.

Untuk merealisasikan dukungan tersebut, Uu mengaku telah melakukan persiapan, di antaranya berkomunikasi dengan partai politik. Terlebih, sebagai kader partai, dirinya harus selalu siap jika diminta sebagai pemimpin.

“Sebagai kader, harus siap,” katanya. Disinggung apakah kesiapannya sebagai calon gubernur ini terlalu terburu-buru, Uu memiliki pandangan lain.

“Kalau melihat sejarah, raja itu dipersiapkan jauh-jauh hari,” katanya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds

Gelaran The NextDev, Lanjutkan Inovasi Digital

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel kembali menyelenggarakan The NextDev Talent Scouting dan The NextDev Academy tahun 2020. Pengumuman tersebut dilakukan dalam kegiatan …