Petugas Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Narkoba Lewat Anus

Petugas menunjukkan barang bukti ganja dan hashis saat ekspos di Kantor Bea Cukai Bandung, Jalan Rumah Sakit, Bandung, Rabu (23/3). (ramdhani)

Petugas menunjukkan barang bukti ganja dan hashis saat ekspos di Kantor Bea Cukai Bandung, Jalan Rumah Sakit, Bandung, Rabu (23/3). (ramdhani)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kantor Pusat Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) A Bandung berhasil menggagalkan upaya penyelundupan marijuana dan hashish di Bandara Internasional Husein Sastranegara, Bandung, Senin (21/3).


Kepala KPPBC TMP A Bandung, Onny Yuar Hanantoro mengungkapkan, upaya penggagalan penyelundupan narkoba ini, merupakan bentuk dukungan dan kerjasama Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) dalam Operasi Bersinar Lodaya 2016 yang bergabung dengan unsur Kanwil DJBC Jawa Barat, BNN Provinsi Jawa Barat dan Kota Bandung, Polda Jawa Barat, Polrestabes Bandung, dan TNI.

“Berdasarkan analisa pra kedatangan dan sejarah penerbangan oleh analis Intelijen Bea dan Cukai, Cajmav (46), yang merupakan warga negara Perancis menggunakan penerbangan Air Asia dengan rute Phnom Penh-Kuala Lumpur, dan Kuala Lumpur-Bandung masuk dalam kategori Ver High Risk,” ucap Onny di KPPBC TMP A Bandung, Jalan Rumah Sakit No.167, Gede Bage, Bandung, Rabu (23/3).

Pada saat kedatangan di Bandara, lanjut Onny, dari hasil wawancara singkat dengan Cajmav, petugas mulai mencurigai pelaku karena terlihat gelisah dan tidak fokus. “Kami melakukan pemeriksaan selanjutnya dengan memeriksa badan menggunakan rontgen dan seluruh barang bawaannya,” tambahnya.

Ternyata petugas mendapati benda asing di dalam tubuhnya di wilayah sternum/dubur, selanjutnya dilakukan pemeriksaan mendetail terhadap seluruh tubuh barang bawaannya. Secara mengejutkan sebanyak 10,40 gram (netto) yang diduga kuat marijuana/ganja kering dan sebungkus plastik kecul 1,20 gram (bruto) hashish dalam bentuk pasta dikemas jandi satu dalam bungkusan plastik warp yang dimasukkan ke dalam dubur.

Selain itu, petugas juga mengamankan 413,53 gram (bruto) hashish dalam bentuk cair dengan cara dimasukkan ke dalam botol shampoo kemasan 320 ml di dalam koper, serta satu paket plastik kecil seberat 0,66 gram (bruto) Hashish dalam bentuk pasta disembunyikan di lipatan celana panjang dalam tas punggung.

“Jika barang bukti marijuana/ganja kering tersebut sampai lolos maka akan dapat menimbulkan dampak negatif akibat penyalahgunaan narkoba sebanyak kurang lebih 333 jiwa yang menggunakannya,” pungkasnya.(cr2)

Loading...

loading...

Feeds

Habib Rizieq Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com,JAKARTA– Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab minta maaf karena beberapa waktu lalu dirinya membuat kerumunan massa …

Viral Azan Serukan Jihad

POJOKBANDUNG,com, BANDUNG – Aksi sekelompok orang yang mengumandangkan azan pada beberapa tempat viral di media sosial (medsos). Namun, dari panggilan …

Tersangka, Rizieq Syihab Terancam 6 Tahun

Polda Metro Jaya akhirnya resmi melayangkan surat panggilan kepada Rizieq Syihab. Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) itu dipanggil terkait kerumunan saat …

Teras Cihampelas Sepi, Begini Penampakannya!

  POJOKBANDUNG,com, BANDUNG – Sempat menjadi salah satu primadona kawasan wisata belanja Kota Bandung, kondisi Teras Cihampelas kini memprihatinkan. Tak …