Penyelundup Marijuana Terancam Maksimal 10 Tahun Bui

penyelundup narkoba ditangkap bea cukai. (ramdhani)

penyelundup narkoba ditangkap bea cukai. (ramdhani)

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Perbuatan Cajmav (46) yang membawa dan berusaha menyelundupkan hashish dan marijuana/ganja kering melanggar pasar 102 huruf e UU Nomor 17 tahun 2006 tentang perubahan UU Nomor 10 tahun 1995 tentang kapabeanan, dengan ancaman hukuman pidana penjara minimal 1 tahun dan maksimal 10 tahun dan pidana minimal Rp50 juta dan maksimal Rp 5 miliar.

Kepala Kantor Pusat Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) A Bandung, Muhammad Purwantoro mengungkapkan, Cajmav bisa juga dikenai pasal 111 ayat 1 UU Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman berupa pidana penjara paling singkat 4 tahun dan paling lam 12 tahun dan denda minimal Rp 8 juta dan paling banak Rp 8 miliar.

“Karena, jika barang bukti marijuana/ganja kering tersebut sampai lolos maka akan dapat menimbulkan dampak negatif akibat penyalahgunaan narkoba sebanyak kurang lebih 333 jiwa yang menggunakannya,” ujar Purwantoro, di KPPBC TMP A Bandung, Jalan Rumah Sakit No.167, Gede Bage, Bandung, Rabu (23/3).

Cajmav terbukti membawa 10,40 gram (netto) yang diduga kuat marijuana/ganja kering dan sebungkus plastik kecul 1,20 gram (bruto) hashish dalam bentuk pasta dikemas jandi satu dalam bungkusan plastik warp yang dimasukan ke dalam anus.

Selain itu, petugas juga mengamankan 413,53 gram (bruto) hashish dalam bentuk cair dengan cara dimasukan ke dalam botol shampoo kemasan 320 ml di dalam koper, serta satu paket plastik kecil seberat 0,66 gram (bruto) hashish dalam bentuk pasta disembunyikan di lipatan celana panjang dalam tas punggung.(cr2)

Loading...

loading...

Feeds

43 Prajurit TNI Ditukar US Army

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa menerima kunjungan beberapa perwakilan dari tentara Amerika untuk Indonesia. Dalam pertemuan …