Wow, Tumpukan Sampah Menutup Anak Sungai Citarum Hingga 150 Meter

Anang di atas tumpukan sampah yang menutup anak Sungai Citarum di Bojongsoang, Kab Bandung (20/3). (anang)

Anang di atas tumpukan sampah yang menutup anak Sungai Citarum di Bojongsoang, Kab Bandung (20/3). (anang)

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG– Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup (BPLHD) Jabar Anang Sudharna merasa gerah dengan banyaknya sampah yang mencemari Sungai Citarum. Sampah-sampah tersebut berasal dari berbagai wilayah Kota Bandung yang terbawa sejumlah anak Sungai Citarum.

Berdasarkan pantauannya, di perbatasan wilayah Kota Bandung dengan Kabupaten Bandung tepatnya Kampung Muara Cikapundung Kolot, Desa Bojongsoang, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, tumpukan sampah yang berasal dari Kota Bandung menumpuk di anak sungai yang berada di lokasi itu, Minggu (20/3). Bahkan, menurut dia, tumpukan sampah itu, menutup permukaan sungai hingga sepanjang 150 meter dengan lebar 12 meter.

“Ketebalannya diperkirakan satu meter. Karena kalau tipis, saya tidak mungkin bisa berjalan-jalan di atas tumpukan sampah itu,” ujar Anang di Gedung Sate, Bandung, kemarin (21/3).

Sebab itu, Anang meminta Pemkot Bandung lebih serius mengatasi sampah. Selama ini, Anang menilai, Pemkot Bandung telah gagal dalam mengelola sampah yang dihasilkan warganya.

Dia menjelaskan, produksi sampah Kota Bandung mencapai 1.300 ton setiap harinya. Sedangkan kemampuan PD Kebersihan Kota Bandung untuk mengelola sampah dengan baik hanya 65 persennya saja.

“Sisanya dikemanakan? Ini kegagalan Pemkot Bandung dalam pengelolaan sampah, gagal total. Bukan hanya sampah, tapi kegagalan dalam mengelola lingkungan hidup,” sesalnya seraya mempertanyakan raihan Piala Adipura yang baru-baru ini diraih Kota Bandung. (agp)

Loading...

loading...

Feeds

Rizieq Syihab Terancam Pidana

Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syihab telah meninggalkan Rumah Sakit (RS) Ummi di Kota Bogor, Sabtu (28/11).