Tumpukan Sampah di Sungai, BBWS Enggan Disalahkan

Anang di atas tumpukan sampah yang menutup anak Sungai Citarum di Bojongsoang, Kab Bandung (20/3). (anang)

Anang di atas tumpukan sampah yang menutup anak Sungai Citarum di Bojongsoang, Kab Bandung (20/3). (anang)

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum Adenan Rasyid enggan disalahkan terkait tumpukan sampah yang terlihat di anak sungai Citarum antara perbatasan Kota Bandung dengan Kabupaten Bandung. Menurutnya, persoalan ini bukan sepenuhnya tanggung jawab BBWS.

Justru, kata dia, ini menjadi tanggung jawab semua pihak mulai dari pemerintah daerah di masing-masing wilayah termasuk BBWS sendiri. Menurutnya, saat ini perlu kerja sama semua pihak untuk menyelesaikan masalah sampah sungai seperti di Muara Cikapundung Kolot, Desa Bojongsoang, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung tersebut.

“Soal tumpukan sampah di Cikapundung ini memang jadi kendala dalam kegiatan kita. Karena sampah masalah bersama, bukan kami sendiri, meski kami di Citarum menangani struktur dan fisiknya,” kata Rasyid saat menghadiri peringatan Hari Air se-Dunia tingkat Jabar, di Taman Hutan Raya Djuanda, Bandung, Selasa (23/3).

Dia melanjutkan, volume sampah di kawasan hulu Sungai Citarum mencapai 500 ribu kubik per tahun atau meningkat dari tahun sebelumnya. “Ini di hulunya (Citarum), apalagi di hilirnya,” kata dia.

Ditanya daerah yang paling besar menyumbang sampah ke Sungai Citarum, Adenan enggan menyebutkannya. Pihaknya lebih memilih mencari solusi penanganan masalahnya, terutama membenahi hulu Sungai Citarum.

“Kita tidak tahu daerah mana yang paling banyak. Tapi sampah memang cenderung di hulu,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, tumpukan sampah seperti di muara Cikapundung masih banyak lagi meski yang terekspose baru di satu titik itu saja. “Coba saja lihat pas habis hujan ke arah Sungai Citarum,” katanya.

Dia menuturkan, pihaknya tidak ingin mencari siapa yang salah dalam permasalahan sampah sungai ini. Pihaknya hanya berharap pemerintah daerah berani bersikap dan tanggung jawab terkait sampah.

Selanjutnya, kata dia, perlu perumusan solusi bersama untuk menyelesaikan masalah sampah di Sungai Citarum ini. “Karena kalau masalah sudah tahu, penanganannya juga akan tahu. Kami juga akan menelusuri siapa pembuang sampah paling banyak ke Citarum,” ujarnya.

Khusus penanganan banjir pada tahun ini, kata dia, sejumlah program tengah dalam persiapan. Seperti pembangunan Kolam Retensi Cieunteung, penataan Cisangkuy, hingga normalisasi anak Sungai Citarum seperti Sungai Cikijing, Cimande, Cikeruh, dan Uper Citarum.

“Yang sekarang mau lelang itu, normalisasi anak sungai hulu Citarum, Cikijing, Cimande, Cikeruh dan upper Citarum. Cisangkuy dan Cieunteung sudah tanda tangan kontrak dan sekarang dalam tahap tanah masih dalam proses,” ujarnya.

Untuk pembangunan Kolam Retensi Cieunteung, saat ini masih dalam proses pengadaan tanah yang ditargetkan selesai tahun ini. Luas lahan yang dibutuhkan kurang lebih 7,8 hektare. “Pembangunan fisik direncanakan 2017 dan 2018 sudah bisa berfungsi,” pungkasnya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds

Penelitian dalam Negeri Harus Didukung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan upaya membuat vaksin dalam negeri harus didukung. Selain untuk memenuhi kebutuhan …

Calon Jemaah Haji Wajib Divaksin

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kementerian Kesehatan Arab Saudi dikabarkan telah mengeluarkan kebijakan baru terkait syarat mengikuti ibadah haji. Berdasarkan informasi hanya …

Rachmat Yasin Dituntut Empat Tahun Bui

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Mantan Bupati Bogor, Rachmat Yasin, dituntut empat tahun penjara atas kasus korupsi. Yasin diduga menerima gratifikasi dari …

Tukang Rias Meninggal di Kamar Kos

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Warga Kelurahan Panglejar, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, mendadak geger. Mereka dikejutkan dengan temuan sesosok mayat laki-laki di …

15 Nakes Covid, Puskesmas Cisalak Ditutup

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Puskesmas Cisalak, Kabupaten Subang ditutup. Ini karena 15 nakesnya terkonfirmasi positif virus Covid-19. Penutupan dilakukan selama 14  …

Ratusan Prajurit Kodam Divaksin Sinovac

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Ratusan prajurit TNI dijajaran Kodam III/Siliwangi menerima suntikan Vaksinasi Sinovac. Hal tersebut disampaikan Kapendam III/Siliwangi Kolonel Inf …