Sering Kebanjiran, Warga Kampung Ciputat Dilatih Water Rescue

Pelatihan water rescue bagi warga Kampung Ciputat-Andir oleh Basarnas. (mld)

Pelatihan water rescue bagi warga Kampung Ciputat-Andir oleh Basarnas. (mld)

POJOKBANDUNG.com, BALEENDAH– Sebanyak 20 orang warga kampung Ciputat Kelurahan Andir Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung dilatih kemampuan dasar water rescue oleh Badan SAR Nasional Bandung, Selada (22/3).


Kepala Kantor SAR Bandung, Slamet Riyadi, mengatakan kampung Ciputat merupakan daerah yang terdampak banjir Bandug selatan.

Bahkan, ketika air menggenang tinggi, kampung tersebut selalu terisolasi karena akses jalan terputus.

“Kami memberikan pembinaan potensi SAR kepada warga, supaya mereka bisa menyelamatkan diri dan orang di sekitarnya saat bencana terjadi,” ujar Slamet ketika diwawancara.

Ketika banjir menerjang, bantuan dari pemerintah membutuhkan waktu untuk bisa sampai ke lokasi. Oleh sebab itu, warga harus mempunyai kemampuan dasar penyelamatan sendiri sebelum ada bantuan dari pihak luar.

Ketika sudah mempunyai kemampuan penyelamatan sendiri, saat bencana datang maka potensi timbulnya korban jiwa bisa diminimalisir.

“Karena bencana yang sering terjadi adalah banjir, kami memberikan pelatihan water rescue. Apalagi saat terjadi banjir, kampung ini jauh dari jangkauan, sedangkan pemberian bantuan kebanyakan terfokus di pinggiran jalan utama,” katanya.

Dengan pelatihan ini, diharapkan warga Kampung Ciputat menjadi warga yang tangguh dalam menghadapi bencana. Kekompakan warga pun kembali terlatih dan lebih terkoordinasi dalam membuat jalur evakuasi dan pengungsian.

Lebih lanjut Slamet mengatakan, pelatihan penyelamatan terhadap warga sampai tingkat RW seperti si Kampung Ciputat baru pertamaka kali dilakukan. Kedepan, pelatihan serupa akan diberikan kepada warga lainnya di titik rawan bencana.

“Nanti akan di daerah lain akan dilakukan pelatihan juga, tapi mungkin materi yang diberikan berbeda, tergantung potensi bencananya. Kalau di sini, karena bencanany banjir, maka materi yang diberikan adalah water rescue, kalau di daerah rawan longsor terntu materinya juga beda,” katanya. (Mld)

Loading...

loading...

Feeds