Puluhan Rumah di Kp Moncong Cimahi Terendam

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI–Hujan dengan intensitas tinggi membuat air dari parit di Kp. Mancong Rt 05/14 Kelurahan Utama Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi meluap, Selasa (22/3). Akibatnya, sepuluh rumah yang berada di sekitar lokasi terendam air dengan ketinggian hampir 1 meter.


Menurut ketua RT setempat, Eli Susilawati (33), meluapnya parit disebabkan dinding penahan air roboh karena tidak kuat menahan debit air yang besar.

“Hujan besar dari pukul 13.00 WIB, sekitar pukul 15.00 WIB tembok runtuh selebar 15 meter. Dindingnya roboh, aliran air langsung meluap karena kapasitasinya sangat besar,” ujarnya.

Dari pantauan, saat air mulai surut, warga tampak membersihkan tembok dan lantai yang kotor akibat lumpur bawaan dari air yang menggenang. Ada pula yang berusaha mengeluarkan sisa air di dalam rumah.

Dari penuturan salah seorang warga, saat hujan mengguyur dengan deras, dirinya langsung mengamankan barang berharga. Karena, banjir sudah diprediksi sebelumnya.

“Kalau banjir udah ga aneh. Soalnya ini bukan kejadian pertama disini. Sudah tiga kali sama sekarang. Yang parah tahun 2012,” ujar salah seorang warga, Deden (60) saat ditemui disela membersihkan rumahnya.

Terkait dinding yang roboh, ia berharap dilakukan perbaikan. Status benteng yang mwrupakan milik salah satu pabrik yang berada di kawasan itu sering runtuh.

“Kondisi benteng yang sudah tidak ideal. Benteng di pabrik sudah beberapa kali jebol, sudah tidak dipelihara,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Cimahi Selatan, Supendi mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemerintah
Kota Cimahi terkait penanganan banjir.

“Kami bersama Pemkot Cimahi sudah melakukan penyedotan terhadap air yang menggenangi rumah warga tersebut,” katanya. (bbb)

Loading...

loading...

Feeds