Palsukan Dokumen, Dua Warga Korea Jadi Tersangka

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG— Dua warga negara asing (WNA) asal Korea, Philip jae Ho Choi dan Yae Jin Shim, yang memalsukan dokumen kewarganegaraan resmi dijadikan tersangka. Kantor Imigrasi Kelas 1 Bandung menduga tersangka yang juga suami istri ini telah memalsukan dokumen kewarganegaraan WNI yang tidak sesuai dengan prosedur.

Plh Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Bandung, IG Nyoman R Taufik SH MH melalui Kasubsi Penindakan Keimigrasian, Achmad Nur Saleh SH mengungkapkan, dua tersangka tersebut mengajukan permohonan paspor dengan membawa kelengkapan dokumen penduduk, seperti kartu keluarga (KK), KTP, akte kelahiran dan bukti surat nikah atau buku nikah.

“Pada saat diproses oleh petugas Imigrasi secara online kedua WNA tersebut ternyata masih terdaftar sebagai warga negara Korea dan pernah memiliki paspor yang diterbitkan di Korea dan paspornya pun masih berlaku,” beber Achmad.

Akibatnya, penyidik Imigrasi langsung mengamankan mereka ke kantor Imigrasi. “Tersangka dikenakan Pasal 126 huruf c Nomor 6 tahun 2011 UU Keimigrasian, dengan ancaman pidana penjara paling lama lima tahun dan pidana denda paling banyak Rp 500 juta,” tandas Achmad. (ca)

Loading...

loading...

Feeds

Gelaran The NextDev, Lanjutkan Inovasi Digital

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel kembali menyelenggarakan The NextDev Talent Scouting dan The NextDev Academy tahun 2020. Pengumuman tersebut dilakukan dalam kegiatan …