Offroader Juga Nggak Mau Ketinggalan Nih, Bakal Bantu Sosialisasikan PON 2016

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Berbagai cara dilakukan untuk menyosialisasikan Pekan Olahraga Nasional XIX/2016 di Jawa Barat yang akan digelar September 2016 mendatang.


Tidak hanya oleh Panitia Besar PON maupun Pemerintah Provinsi Jabar, akan tetapi kelompok masyarakat juga turut mengkampanyekan ajang olahraga terbesar di Tanah Air tersebut.

Seperti yang akan dilakukan Forum Masyarakat Olah Raga Bandung (FORMOB) melalui acara ‘Green Offroad’ yang akan digelar pada 24-27 Maret.

Melalui kegiatan itu, mereka mencoba menginformasikan PON kepada setiap masyarakat Jabar yang dilaluinya, khususnya yang berada di pedalaman.

Ketua Pelaksana Green Off Road 2016 David Riksa Buana mengatakan, sosialisasi PON dengan cara ini dilakukan mengingat banyaknya daerah di Jabar yang tidak terakses sarana transportasi dan informasi secara biasa.

Medan wilayah yang ekstrim serta minimnya media sosialisasi PON di daerah tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi sekumpulan pencinta mobil dengan empat roda penggerak ini.

Kondisi ini, ungkapnya, terbukti dengan masih banyaknya warga pedalaman yang belum mengetahui ajang PON 2016 di Jabar.

“Sosialisasi seperti spanduk, baliho, tidak ada di sana. Jadi saya menganggap gebyar PON kurang menggigit di daerah pedalaman,” kata David.

Maka, ia mengatakan, saat menggelar offroad tersebut, pihaknya akan membawa alat sosialisasi untuk disebar di setiap daerah yang dilintasi. Bahkan, setiap mobil yang digunakan akan ditempel stiker PON 2016 Jabar.

“Setiap kendaraan akan ditempel gambar surili, ikon PON berjaya di tanah legenda. Di setiap baliho, backdrop, umbul-umbul pun akan tertera itu,” katanya.

Ia pun mengakui, upayanya tersebut belum maksimal, mengingat adanya keterbatasan dalam menyebar media informasi tersebut. Sehingga, pihaknya berharap PB PON maupun Pemprov Jabar bisa berpartisipasi dengan memberi alat peraga lainnya.

“Kalau PB PON mau memberi dukungan supaya yang kami cita-citakan bisa terwujud, ya bisa memberi flyer untuk kami bagikan ke setiap masyarakat yang dilalui,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, kegiatan offroad tersebut akan melibatkan sedikitnya 92 kendaraan 4×4. Para peserta menurutnya berasal dari tiga empat provinsi yakni Jabar, Banten, DKI Jakarta, dan DI Yogyakarta.

Mereka akan memulai petualangannya tersebut dari Gedung Sate, Bandung dan akan berakhir di Pantai Cibueuk, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut. “Nanti start nya akan dilepas langsung oleh Gubernur (Jabar Ahmad Heryawan),” katanya.

Selain menyosialisasikan PON, sepanjang perlombaan tersebut mereka pun akan melakukan bhakti sosial dengan membagi-bagikan paket berisi sembako dan alat tulis untuk warga kurang mampu.

Tidak hanya itu, di sedikitnya tiga lokasi, mereka akan menanam bibit pohon sebagai bentuk kepeduliannya pada lingkungan. “Kami ingin mengubah citra offroader. Tidak selalu merusak alam, justru kami membantu menjaganya melalui ‘Green Offf Road’ ini,” pungkasnya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds

PDRI Siap Kawal Distribusi KIP Kuliah Merdeka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI) akan memantau dan mengawal distribusi penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka …