Banjir Surut, Sampah dan Lumpur Menumpuk

jalan di kawasan dayeuh kolot  kering siring surutnya banjir.

jalan di kawasan dayeuh kolot kering siring surutnya banjir.

POJOKBANDUNG.com, BALEENDAH– Banjir yang menggenang wilayah Bandung selatan seperti Dayehkolot, Balendah dan Bojongsoang, sudah mulai terlihat surut.


Dari pantauan Minggu (20/3), hampir sluruh wilayah sudah kering. Air masih menggenang di beberapa titik saja, seperti Kampung Cieunteung yang masih terendam sekitar 80 sentimeter dan beberapa RW di Kelurahan Andir Baleendah.

Walaupun air sudah surut, namun masyarakat masih khawatir terjadi banjir susulan, mengingat cuaca masih terlihat mendung.

“Masih khawatir, makanya masyarakat juga kalau malam tetap banyak yang tinggal di pengungsian,” tutur Yana (40) warga Andir ketika diwawancara.

Namun, pada siang hari masyarakat kembali ke rumah masing masing untuk membersihkan rumah.

Pasalnya, banjir yang menggenang rumah warga membawa banyak lumpur, sehingga banyak perabotan harus dibersihkan.

“kalau tidak dibersihkan sesegera mungkin, nanti akan susah membersihkannya,” katanya.

Bahkan, kata Yana banyak perabotan rumah tangga yang tidak bisa dibersihkan, seperti kursi dan kasur yang sudah terendam selama satu pekan terakhir.

“Banjir datang secara tiba-tiba, banyak perabotan yang tidak terselamatkan. Kasur atau kursi yang terendam, susah dibersihkan, makanya banyak yang dibuang,” ungkapnya.

Banyaknya perabotan dan peralatan rumah tangga yang rusak akibat terendam banjir, membuat daerah Baleendah dan Dayeuhkolot terlihat kumuh. Pasalnya, banyak masyarakat yang menumpuk sampah di jalan raya.

Sampah-sampah tersebut berasal dari rumah rumah penduduk dan sampah yang terbawa air dari luapan sunggai citarum.

Dari pantauan,tumpukan sampah terlihat di jalan jalan seperti jalan raya Andir dan jalan raya Dayeuhkolot.

Selain sampah, jalan raya Andir juga masih tertimbunoleh lumpur hasil endapan banjir.

“k
Kami berharap agar pemerintah mengirimkan mobil pemadam kebakaran untuk membersihkan lumpur di jalan, soalnya jalan jadi licin dan berbahaya bagi pengendara. Sampah juga harus segera diangkut,”tambah Pepen, warga lainnya.(mld)

Loading...

loading...

Feeds

Habib Rizieq Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com,JAKARTA– Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab minta maaf karena beberapa waktu lalu dirinya membuat kerumunan massa …

Viral Azan Serukan Jihad

POJOKBANDUNG,com, BANDUNG – Aksi sekelompok orang yang mengumandangkan azan pada beberapa tempat viral di media sosial (medsos). Namun, dari panggilan …