Desa Hegarmanah Jatinangor Rawan Longsor

 


POJOKBANDUNG.com, JATINANGOR – Sekretaris Daerah (Sekda) Sumedang, H Zaenal Alimin akan mendesak Pemprov Jabar untuk segera menggelar rapat koordinasi (Rakor) terkait solusi banjir di Jatinangor dan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

“Dalam rakor, ikut melibatkan Pemkab Sumedang dan Bandung yang ternyata banjir pun disebabkan menyempitnya badan Sungai Cikeruh dan Cimande di kawasan Kab. Bandung,” ujar Zaenal kepada wartawan pada saat melakukan kunjungan ke lokasi bencana longsor di SMAN Jatinangor, Jumat (18/3/2016).

Dia mengatakan, Pemkab Sumedang pun menginvertarisir daerah rawan bencana longsor dan banjir dan segera melakukan rakor.

“Kita pun melakukan pembagian tugas dalam menyikapi berbagai bencana khususnya antara Pemkab dan kecamatan,” katanya.

Langkah tersebut, kata dia, agar penanganan bencana tertentu bisa dengan cepat dilayani dan mendapat solusi.

“Insya Allah, dalam Musrenbang provinsi Jabar mendatang anggarannya bisa dialokasikan,” tuturnya.

Menyikapi bencana longsor di SMAN Jatinangor, Pemkab Sumedang sudah mengambil langkah dan solusi sejak menerima laporan terkait longsor itu.

“Kami meminta Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air agar mempersiapkan alat berat untuk mengevakuasi longsor,” ucapnya.

Namun, kata dia, mengingat lokasi longsor dianggap sulit dilintasi alat berat, maka segera mencari solusi terbaik.

Kepala Desa Hegarmanah Dede Sumirat mengatakan, adanya bencana longsor di Kampung Cisaladah RT 4 RW 7, sudah koordinasi dengan semua pihak termasuk ke perguruan tinggi ITB untuk mengambil solusi terbaik menyikapi longsor tersebut. “Karena pihak ITB memiliki alat berat yang sangat kami butuhkan untuk memindahkan tanah akibat longsor,” ujarnya.

Kades menambahkan, butuh bantuan alat berat segera mungkin, terutama bantuan materi bagi warga yang terkena bencana. (ca)

Loading...

loading...

Feeds

Habib Rizieq Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com,JAKARTA– Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab minta maaf karena beberapa waktu lalu dirinya membuat kerumunan massa …

Viral Azan Serukan Jihad

POJOKBANDUNG,com, BANDUNG – Aksi sekelompok orang yang mengumandangkan azan pada beberapa tempat viral di media sosial (medsos). Namun, dari panggilan …