Bupati Purwakarta Ajak Masyarakat Lapor SPT Via E-Filing

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi didampingi Kepala Kanwil DJP Jabar I, Yoyok Satiotomo diwawancara media usai pelaporan SPT via e Filing di Purwakarta, Rabu (16/3).

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi didampingi Kepala Kanwil DJP Jabar I, Yoyok Satiotomo diwawancara media usai pelaporan SPT via e Filing di Purwakarta, Rabu (16/3).

 


POJOKBANDUNG.com, PURWAKARTA–Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah menyampaikan SPT Tahunan PPh Tahun 2015 di Bale Paseban Kantor Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Rabu (16/3/2016).

Pekan panutan pajak di Kab Purwakarta

Penyampaian SPT dilakukan dalam acara Pekan Panutan penyampaian SPT Tahunan menggunakan fasilitas e-Filing. Acara Pekan Panutan ini diselenggarakan oleh KPP Pratama Purwakarta bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Purwakarta.

Lapor SPT via e Filing Kab Purwakarta

E-Filing adalah suatu cara penyampaian SPT Tahunan PPh secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet pada website Direktorat  Jenderal Pajak (http://www.pajak.go.id) atau Penyedia Jasa Aplikasi atau Application Service Provider (ASP).

Dengan menggunakan e-Filing Wajib Pajak dapat menyampaikan SPT Tahunan PPh kapan saja dan di mana saja dengan menggunakan akses internet. Dengan e- Filing, penyampaian SPT Tahunan menjadi lebih mudah, cepat dan aman tanpa harus terkendala dengan jalanan yang macet dan antrian Wajib Pajak yang panjang serta menyita banyak waktu dan biaya, dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Penyampaian SPT Tahunan dalam acara Pekan Panutan ini sebagai tindaklanjut dari Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Nomor 8 Tahun 2015 yang mewajibkan Aparatur Sipil Negara/Anggota Tentara Nasional Indonesia/Kepolisian Republik Indonesia
(ASN/TNI/Polri) untuk mematuhi seluruh ketentuan peraturan perpajakan dengan mendaftarkan diri sebagai Wajib Pajak, membayar pajak, serta mengisi dan menyampaikan SPT Tahunan PPh melalui e-Filing.

Kepala Kanwil DJP Jawa Barat I, Yoyok Satiotomo, menyampaikan pentingnya peran pajak bagi pembangunan negara maupun daerah.

“Kontribusi penerimaan perpajakan terhadap APBN tahun 2015 sebesar 70% lebih. Sedangkan, peran pajak bagi daerah adalah berupa transfer ke daerah dalam bentuk Dana Perimbangan. Data APBN 2015 menunjukan bahwa Dana Perimbangan yang terdiri dari Bagi Hasil Pajak / Bagi Hasil Bukan Pajak, Dana Alokasi
Umum dan Dana Alokasi Khusus memberikan kontribusi yang cukup besar bagi APBD Pemerintah Kabupaten Purwakarta, yakni sebesar Rp 933,7 miliar atau sebesar 47,23% dari total Anggaran Pendapatan Kabupaten Purwakarta,” papar Yoyok.

Yoyok menambahkan, target penerimaan pajak KPP Pratama Purwakarta tahun 2016 ditetapkan sebesar Rp 1,48 triliun, sedangkan target Kanwil DJP Jawa Barat I sebesar Rp30,1 triliun.

“Dengan diselenggarakannya acara pekan panutan ini diharapkan agar tingkat kepatuhan Wajib Pajak di Purwakarta untuk melaksanakan kewajiban perpajakannya dapat meningkat sehingga target penerimaan pajak KPP Pratama Purwakarta khususnya dan target penerimaan Kanwil DJP Jawa Barat I umumnya dapat tercapai,” harap Yoyok. (*/nto)

Loading...

loading...

Feeds

PDRI Siap Kawal Distribusi KIP Kuliah Merdeka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI) akan memantau dan mengawal distribusi penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka …