Targetkan Juara Lomba UKS Nasional, SMPN 13 Bandung Sibuk Berbenah Diri

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–SMPN 13 Kota Bandung kini giat berbenah mempersiapkan diri untuk mewakili Jawa Barat ke tingkat nasional dalam lomba Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).


“Kami mengajak semua stakeholder untuk ikut berpartisipasi dalam membantu kami meraih predikat terbaik dalam mengikuti lomba UKS tingkat nasional ini,” ujar Kepala SMP 13 Kota Bandung, Nandi Supriyadi, dalam acara Bandung Menjawab Selasa (15/3).

Nandi mengatakan, penilaian dalam lomba UKS ini sangat komprehensif, selain sekolah yang bersangkutan, juga lingkungan sekolah, setidaknya dalam radius 3 kilometer.

“Jadi lingkungan di sekeliling kami juga harus bersih, termasuk tidak ada yang merokok di lingkungan tersebut,” terang Nandi.

Di lingkungan sekolah SMPN 13, yang menjadi penilian adalah, kebersihan toilet, kantin, ruang kelas dan lingkungan.
Penilaian tercakup dalam trias UKS, yaitu pelayanan kesehatan meliputi bagaimana kesehatan anak-anak, kantin, air. Kemudian layanan pendidikan harus sehat, termasuk di dialamnya, sanitasi, dan wastafel. Selain itu, sarana prasarana pendukung.

“Alhamdulillah, dari 7 ribu meter persegi luas lahan, warga di sekolah betah sekolah di sini,” tambahnya.

Menurut Nandi, yang paling sulit memang membiasakan dan mensosialsisakan kebersihan lingkungan kepada masyarakat sekitar sekolah.

“Kalau ke lingkungan intern sekolah, yang penting ada komitmen yang kuat. Kalau ke lingkungan masyarakat kita harus lebih intens” tegasnya.

Karenanya, lanjut Nandi, sebelum mengikuti lomba, dirinya menanykan dulu kepada semua stakeholder yang terkait di dalamnya. Termasuk, camat, RT dan RW.

“Saya menanyakan, apakah mereka mau membantu dan siap ikut menyukseskan program lomba UKS ini,” katanya.

Ketika para stakeholder mengatakan siap, maka tinggal menjaga komitmen untuk menjadikan lingkungan bersih dan sehat. Nandi sendiri yakin SMPN 13 bisa meraih peringkat 1 lomba UKS tingkat nasional. Mengingat kesanggupan semua pihak untuk membantu.

“Ya kita mendapat bantuan juga dari seluruh SKPD, seperti Bina Marga, untuk mengecat berm, dan dari Distrcip untuk perbaikan sanitasi,” paparnya. (mur)‎

Loading...

loading...

Feeds

Habib Rizieq Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com,JAKARTA– Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab minta maaf karena beberapa waktu lalu dirinya membuat kerumunan massa …

Viral Azan Serukan Jihad

POJOKBANDUNG,com, BANDUNG – Aksi sekelompok orang yang mengumandangkan azan pada beberapa tempat viral di media sosial (medsos). Namun, dari panggilan …