Pengembang Tol Bocimi Harus Antisipasi Banjir

Sekretaris Daerah‎ Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa

Sekretaris Daerah‎ Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Pemerintah Provinsi Jawa Barat meminta pihak pengembang tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi) mengantisipasi banjir di lokasi proyek. Ini berkaca pada fenomena tersebut yang kini melanda sejumlah daerah di Jabar.

Sekretaris Daerah Jabar Iwa Karniwa mengatakan, Pemprov Jabar turut prihatin dan bela sungkawa atas terjadinya banjir di Desa Ciherang Pondok, Caringin, Bogor, pekan kemarin. Terlebih, banjir ini terjadi karena air limpasan dari tanggul buatan lokasi proyek Bocimi.

Menurut Iwa, akibat kejadian tersebut, lima warga sempat terseret banjir karena curah hujan yang tinggi. Maka dari itu, pihaknya akan berupaya agar kejadian tersebut tidak terulang lagi.

“Kami segera respons ini dengan melakukan langkah agar banjir tak terulang,” kata Iwa di Gedung Sate, Bandung, Senin (14/3). Iwa mengaku, Senin pagi dirinya mengunjungi lokasi.

Iwa menyebut, pihaknya meninjau proyek di sejumlah titik antara lain di pintu keluar tol Ciawi, titik Rancamaya, hingga lokasi seksi I tahap II yang berjarak beberapa kilometer sebelum Lido. “Ada sejumlah perkembangan konstruksi di lapangan dari kunjungan terakhir sejak Januari lalu,” katanya seraya menyebut kunjungan diawali dengan rapat singkat di kantor BKPP Wilayah IV yang juga dihadiri Wakil Wali Kota Bogor U Harisman.

Selain mengunjungi korban, ini pun merupakan bentuk pendampingan Pemprov Jabar terhadap proyek tersebut. “Sesuai arahan Pak Gubernur, kami identifikasi lagi, dilihat kembali kemajuan di lapangan dan apa yang bisa dibantu Pemprov Jabar,” kata Iwa.

Untuk mencegah terjadinya banjir, Iwa meminta kontraktor memperbaiki tanah-tanah timbunan yang membuat genangan. Selain itu, menurutnya harus ada pendekatan langsung kepada masyarakat terdampak.

“Mereka (kontraktor) berjani akan memenuhi permintaan kami,” katanya. Menurut Iwa, berdasarkan informasi dari Pimpinan Proyek PT Jabar Trans Tol, pembangunan fisik terkendala cuaca hujan dera sejak beberapa waktu lalu.

“Katanya pengerjaan tanah relatif kecil sekali, struktur dan galian tanah. Hanya bisa mengerjakan struktur,” katanya.

Namun, kata Iwa, kontraktor berupaya melanjutkannya. “Meski ada perlambatan, mereka tetap akan ketat pada jadwal seksi I selesai tepat waktu 2017 mendatang. PT Jabar Trans Tol yang merupakan konsorsium akan bekerja siang malam mengganti waktu yang terbuang. Karena hujan, yang biasanya tiga shift, sekarang bisa dikerjakan siang malam,” ucapnya.

Lebih lanjut Iwa katakan, proyek seksi I Ciawi-Lido masih terus berjalan dari tahap I hingga II. Namun, masih terdapat 176 bidang tanah dan bangunan yang masih belum bisa dibebaskan.

“Progresnya secara umum memuaskan, namun kami belum puas karena masih ada sejumlah hambatan. Tapi kinerja di lapangan kita apresiasi,” paparnya.

Menurutnya, hingga Cigombong masih ada 176 bidang tanah seluas delapan hektare yang belum bisa dibebaskan. Pemprov, kata dia, akan kembali mendorong perizinan terutama izin bangunan dan struktur di atas air yang masih diproses di BBWS Cisadane.

“Ada 27 titik sedang diproses. Kami sudah koordinasikan, semoga Maret ini izin dari Dirjen PSDA keluar,” katanya.

Iwa melanjutkan, untuk seksi I paket I, pembangunan fisiknya sudah mencapai 9,23 persen, sementara untuk paket II 4,1 persen, dan paket III sudah 3,49 persen. “Sekarang sudah masuk ke Kabupaten Bogor, kalau Kota Bogor sudah 93 persen lebih pembebasannya,” katanya.

Adapun terkait tanah wakaf sebanyak delapan bidang, akan diproses terus oleh Kanwil Kementerian Agama. “Kami harapkan ini segera tuntas,” ucapnya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds

Harus Aktifkan Koperasi di Sumedang

 POJOKBANDUNG.com, KOTA – Kepengurusan Dewan Koperasi Indonesia Daerah Kabupaten Sumedang Masa Bhakti 2021-2025 diharapkan mampu mengaktifkan dan menghidupkan kembali koperasi …

Belum Bisa Layani Semua Kecamatan

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran kota Cimahi mengaku masih kewalahan untuk dapat melayani …

Vaksinasi Covid Telan Rp47 Miliar

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Subang mengungkap, di tahun anggaran 2021 ini, Pemda Subang mendapat …

Kompak Bantu Warga yang Isolasi

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Warga Desa Jalancagak, Kaecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang memberikan bantuan bagi tetangga yang tengah menjalani isolasi mandiri di …

Ajak Masyarakat Pelihara Budaya Sunda

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mendukung penuh program “Saur Sepuh” yang diinisiasi oleh PGRI Kota …

Kerugian Bencana Capai Rp816 Juta

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI — Selama Januari hingga Februari 2021, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, mencatat terdapat 23 kejadian bencana. …

Angin Kencang, Pohon Timpa Mobil

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Raya Cijambe, Subang. Akibatnya bodi kendaraan pun ringsek. Peristiwa yang …

Dorong Bupati Rampingkan SOTK

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemkab Subang dinilai terlalu gamuk sehingga pembuatan perencanaan dan penyusunan anggaran …