Kadin Jabar Akui Bandung Butuh Kereta Cepat

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kebutuhan kereta cepat di Kota Bandung dinilai perlu oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat, mengingat kebutuhan transportasi yang semakin berkembang. Saat ini, baik regional maupun nasional dinilai masih belum bisa menyelesaikan permasalahan kemacetan.


Ketua Kadin Jabar, Agung Suryamal mengatakan, volume kendaraan yang semakin meningkat setiap periodenya membuat warga kian mendesak pemerintah untuk memberikan solusi yang tepat untuk mengatasi kemacetan.

“Meskipun di Jakarta ada busway, tetap ada macetnya sulit di atasi. Lalu, jalur Jakarta ke Bandung ada Tol Cipularang juga sama aja. Jadi, butuh alat transportasi yang bebas hambatan, cepat, dan murah,” ucap Agung kepada Wartawan di ruang kerjanya, Jalan Sukabumi No.42 Bandung, Jumat (11/3).

Agung juga mengatakan, jika melihat negara maju seperti Jepang dan Eropa kereta cepat adalah alat transportasi utama. Cepat, murah, dan terpenting mampu mengangkut penumpang dengan kapasitas yang banyak sekaligus.

“Kereta cepat bisa menampung dengan kapasitas hingga 24 ribu untuk sekali jalan,” tambahnya.

Jika, lanjutnya, Bandung-Jakarta merupakan jalur distribusi nasional maka harus mampu memiliki solusi kendaraan yang baik. “Daerah Jabar itu untuk distribusi nasional menyumbang sedikitnya 80 persen, seperti mengangkut barang lewat darat,” ungkapnya.

Melihat negara Cina, Agung kurang setuju jika harus mengambil kereta cepat dari negara tersebut. Pasalnya, selain karena terlalu prematur untuk Cina yang baru menggunakan kereta cepat 2 tahun terakhir. “Berkaca dari busway juga di Jakarta yang karena terlalu prematur akhirnya banyak hambatan di mesinnya,” pungkasnya.(cr2)

Loading...

loading...

Feeds

Angin Kencang, Pohon Timpa Mobil

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Raya Cijambe, Subang. Akibatnya bodi kendaraan pun ringsek. Peristiwa yang …

Dorong Bupati Rampingkan SOTK

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemkab Subang dinilai terlalu gamuk sehingga pembuatan perencanaan dan penyusunan anggaran …

Bakal Punya Wadah Industri Kreatif

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan bertekad mewujudkan industri kreatif milenial. Gagasan itu rupanya tak main-main. Upaya …

Gandeng LBH Gerakan Pemuda Anshor

POJOKBANDUNG.com, CIMANGGUNG – Untuk melindungi warga karang taruna dan masyarakat Cimanggung yang berurusan dengan masalah hukum, Forum Pengurus Karang Taruna …