Distarcip Kota Bandung Usut Ambruknya Tembok Rusunami Grand Asia Afrika

Petugas memeriksa TKP tembok apartemen Grand Asia Afrika yang runtuh. (nida)

Petugas memeriksa TKP tembok apartemen Grand Asia Afrika yang runtuh. (nida)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Distarcip Kota Bandung menyelidiki penyebab tembok ambruk milik Rumah Susun Sederhana Hak Milik (Rusunami) (sebelumnya apartemen) Grand Asia Afrika Residence yang menimpa seorang bocah, Dika (11), Jumat (11/3).


Akibat kejadian tersebut Dika mengalami luka pada bagian kepala dan kaki sehingga diboyong ke RS Muhammadiyah Bandung.

“Kami sudah mengecek langsung tembok yang runtuh menimpa seorang anak SD. Tentunya, kami menyelidiki kenapa tembok pemisah ini ambruk,” ucap Kasi Pengusutan dan Penertiban Bangunan Bidang Pengendalian Bangunan Distarcip Kota Bandung Andri Nurdi di lokasi kejadian, Gang UNI RT3/RW1, Kelurahan Burangrang, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung, Jumat (11/3/2016).

Bangunan Rusunami Grand Asia Afrika memiliki 23 lantai dan empat tower dengan jumlah hunian 2.140 unit itu berlokasi di Jalan Karapitan. Benteng ambruk letaknya di bagian samping yang berhadapan dengan permukiman warga di Gang UNI RT3/RW1.

Tembok beton yang membentang ini merupakan bangunan pemisah antara rumah susun dengan area rumah warga.
Andri belum bisa menyimpulkan penyebab tembok setinggi sekitar 4 meter itu roboh.
Namun pengecekan sementara, menurut dia, sebagian tembok beton sepanjang sekitar 20 meter yang ambruk itu diperkirakan tidak kuat menahan air yang merembas sehingga terjadi pergerakan tanah.

Sewaktu kejadian, sekitar pukul 11.30 Wib, hujan mengguyur Kota Bandung. Korban kebetulan tengah bermain di jalan gang dekat benteng.

“Diduga terjadi rembesan, lalu tidak kuat menahan air. Memang di samping tembok ada saluran air, nah diduga bocor sehingga merembas. Tapi kami akan cek lagi lebih lanjut,” ucap Andri.

Distarcip Kota Bandung, kata Andri, berencana meminta keterangan pengelola Rusunami Grand Asia Afrika berkaitan insiden tersebut. “Nanti kami panggil pengelolanya,” ujar Andri.(cr2)

Loading...

loading...

Feeds