Ini Pesan Kepala Kemekumham kepada Kalapas Sukamiskin Baru

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG— Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Jawa Barat I Wayan Sukerta meminta Kepala Lembaga Pemasyaratan (Kalapas) klas 1A Sukamiskin yang baru, Surung Pasaribu, agar tidak menyalahgunakan wewenang dan jabatan.


“Lapas Sukamiskin ini istimewa dan berbeda dengan lapas lainnya karena hampir seluruh terpidana kasus korupsi tingkat pusat maupun Jawa Barat berada disin hingga menjadi sorotan publik,” kata Wayan seusai Sertijab Kalapas Klas 1A Sukamiskin Jalan AH Nasution Bandung, Kamis (10/3).


Wayan menegaskan, penyalahgunaan wewenang di lingkungan Lapas Sukamiskin seperti obral remisi terhadap narapidana Tipikor diharapkan tidak terjadi. Lapas Sukamiskin dibawah kepemimpinan Surung Pasaribu harus bisa membutkikannya.

“Semua ada aturannya, semua ada Standar Operasional Prosedure (SOP), tidak ada obral remisi,” tegasnya.

Selain itu, insiden tahanan berkeliaran dengan bebas seperti yang dilakukan terpidana kasus korupsi pajak Gayus Tambunan jangan sampai terjadi lagi oleh penghuni Lapas Sukamiskin lainnya.

Menurutnya, tindakan profesional harus diutamakan, seluruh jajaran Lapas harus belajar dari insiden itu. Tindakan tegas berlaku tidak hanya bagi narapidana, jajaran internal pun pasti mendapat ganjaran.

“Kita harus belajar dari situ, jangan sampai kasus seperti itu terulang kembali. Ada petugas yang salah, sudah kita tindak. Terhadap napinya juga sudah kita tindak,” terangnya.

‎Surung Pasaribu yang sebelumnya menjabat Kalapas Klas II Bekasi kini menggantikan Edi Kurniadi menjadi Kalapas Sukamiskin. Edi Kurniadi yang pernah ‘tersandung’ kasus narapidana Gayus Halomoan Tambunan kini menjadi Kalapas Cipinang‎.(cr2)

Loading...

loading...

Feeds

Habib Rizieq Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com,JAKARTA– Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab minta maaf karena beberapa waktu lalu dirinya membuat kerumunan massa …

Viral Azan Serukan Jihad

POJOKBANDUNG,com, BANDUNG – Aksi sekelompok orang yang mengumandangkan azan pada beberapa tempat viral di media sosial (medsos). Namun, dari panggilan …