Keren! Gerhana Matahari Total di Belitung Berbentuk Love

 


POJOKBANDUNG.com, BELITUNG – Ribuan warga dan wisatawan antusias menyaksikan gerhana matahari total 2016 di Kabupaten Belitung dan Belitung Timur. Lokasi pengamatan gerhana matahari di Belitung dipusatkan di Tanjung Kelayang. Sedangkan di Belitung Timur dipusatkan di Pantai Serdang, Olie Oier, Pantai Nyiur Melambai dan Bukit Samak A1 Manggar.

Sejak Subuh, ratusan warga dan wisatawan sudah memadati pantai. Bahkan, beberapa wisatawan terpaksa menginap di pantai karena tidak kebagian hotel maupun penginapan. Mereka begadang sepanjang malam untuk bisa menyaksikan gerhana matahari total di pagi hari.

Matahari muncul di ufuk timur Pantai Serdang Belitung Timur pada pukul 06.00. Namun, gerhana matahari total baru terjadi pada pukul 06.21 dan mencapai puncaknya pada pukul 07.23 WIB.

Uniknya, gerhana matahari di Pantai Serdang Belitung Timur berbentuk love. Bukan mataharinya yang berbentuk love, melainkan kreativitas warga yang membuat lubang berbentuk love untuk menyaksikan gerhana matahari.

Lubang berbentuk love sengaja dibuat untuk kepentingan selfie. Warga ingin selfie di balik lubang berbentuk love itu agar terlihat lebih indah dan menjadi foto kenangan sepanjang masa.

Bentuk love itu cukup sederhana. Warga hanya memanfaatkan kardus, kemudian dilubangi dengan bentuk love, lalu menyuruh teman memotretnya agar latar gerhana matahari terlihat berbentuk love.

“Ini buat asyik-asyikan saja. Tadi malam lubangin kardus buat selfie gerhana matahari supaya hasilnya berbentuk love,” ujar Hastuti, siswi SMA di Manggar Belitung Timur kepada pojoksatu.id.

Selain di Belitung, 10 wilayah lainnya juga akan dilintasi gerhana matahari pagi ini. Di wilayah Indonesia barat, tepatnya di Palembang, gerhana matahari total terjadi mulai pukul 06.20 WIB dan mencapai puncaknya pukul 07.21.

Kemudian di wilayah Palangkaraya, gerhana matahari total mulai pukul 06.23 dan mencapai puncaknya 07.30 WIB. Sedangkan wilayah Bengkulu (Muko-Muko), gerhana matahari total akan mencapai puncaknya pukul 07.19 WIB.

Sementara di wilayah Tengah Indonesia seperti Palu, gerhana matahari total mulai pukul 07.27 WITA dan mencapai puncaknya pukul 08.38 WITA. Selanjutnya, gerhana matahari total mulai pukul 08.36 WIT dan mencapai puncaknya 09.52 WIT.

(one/pojoksatu)

Loading...

loading...

Feeds

Gelaran The NextDev, Lanjutkan Inovasi Digital

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel kembali menyelenggarakan The NextDev Talent Scouting dan The NextDev Academy tahun 2020. Pengumuman tersebut dilakukan dalam kegiatan …