Gerhana Matahari Total: Siamang Diam, Burung pun Tak Berkicau

 


POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Usai melakukan observasi terhadap perilaku satwa di Taman Mini Ragunan (TMR), Jakarta Selatan, ada beberapa hewan cenderung mengubah tabiatnya.

Menurut salah seorang peneliti, Maman‎, hewan primata seperti siamang biasanya agresif di pagi hari. Siamang menurutnya, kerap bersaut-sautan mengeluarkan suara jeritan pada kelompoknya. Namun, saat gerhana matahari berlangsung, hal itu tidak terjadi.

‎”Siamang itu teriak-teriak, biasanya teriak-teriaknya itu pagi untuk makan. Tapi tadi pagi saat gerhana dan suasana sedikit mendung tidak keluar kandang sama sekali,” kata Maman, Rabu (9/3).

‎Kejadian ini ternyata tidak dialami oleh siamang saja. Lutung dan satwa jenis burung pun, kata dia, enggan keluar dari kandangnya.

‎Burung-burung yang biasanya mengeluarkan kicauannya di pagi hari dan kerap mengitari kandangnya untuk membersihkan diri, juga berperilaku berbeda saat gerhana.

“Burung-burung itu seperti menganggap malam jadi tidur tidak bergerak. Biasanya burung itu terbang mengitari kandangnya,” pungkas Maman. (mg4/jpnn)

Loading...

loading...

Feeds

Indikator Menuju Desa Maju

MAJU desanya, makmur dan sejahtera warganya. Mungkin ini adalah dambaan setiap orang, untuk menciptakan lingkungan yang nyaman. Inilah yang disebut …