PIN Polio Proteksi Anak dari Virus Polio Liar

PIN Polio tingkat Jabar di Biofarma, Bandung, (nida khairiyyah)

PIN Polio tingkat Jabar di Biofarma, Bandung, (nida khairiyyah)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2016 yang diterima oleh bayi atau balita, tidak melihat status imunisasi sebelumnya. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan perlindungan yang optimal dan merata terhadap anak usia rentan serangan virus polio, sehingga bisa memberikan proteksi atas kemungkinan terjadi penularan virus polio liar.


Corporate Secretary Bio Farma, M Rahman Rustan mengatakan, sebagai pemasok 2/3 kebutuhan vaksin polio di dunia, termasuk ke negara Islam, mendukung penuh usaha Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan kementerian kesehatan RI untuk pemusnahan penyakit yang dapat menyebabkan kelumpuhan pada anak-anak, sehingga tidak ada satu anak pun di dunia khususnya Indonesia yang terserang virus polio liar.

“Bio Farma menjadi bagian dari usaha pemerintah Indonesia untuk membebaskan generasi muda Indonesia dari penyakit poio, sejak 1980 dan beberapa program PIN dalam kurun waktu 1995-1997,” ujarnyanya kepada pojokbandung.com, di Gedung Serbaguna Bio Farma, Jalan Pasteur Bandung, Selasa (8/3).

Untuk Indonesia sendiri, lanjutnya, sudah dinyatakan bebas polio oleh WHO sejak 27 Maret 2014 lalu, artinya, sudah tida ada lagi anak usia di bawah 5 tahun yang terserang polio sejak 2016.

“Untuk menyatakan dunia bebas polio, WHO masih harus menunggu dua negara di wilayah Eastern Mediteranian Region, yaitu Afghanistan dan Pakistan untuk bebas dari serangan virus liar polio. Karena sampai 2015 lalu, ratusan anak di Afghanistan dan Pakistan masih terserang virus liar polio,” ungkapnya.(cr2)

Loading...

loading...

Feeds

Momen RAFI 2021, Telkomsel Siaga Maksimalkan Jaringan

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel siap memastikan ketersediaan kualitas jaringan dan layanan yang prima demi menghadirkan pengalaman digital untuk #BukaPintuKebaikan bagi masyarakat …

PDRI Siap Kawal Distribusi KIP Kuliah Merdeka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI) akan memantau dan mengawal distribusi penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka …