Sesko TNI Teken MoU dengan Unpad

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Komandan Sesko TNI Letjen TNI Agus Sutomo, memberikan kuliah umum tentang ancaman Proxy War, di hadapan 350 mahasiswa Unpad, di Kampus Jatinangor Sumedang, Senin (7/3).

“Sesko TNI sebagai lembaga pendidikan pengembangan umum tertinggi TNI, yang menyiapkan para Perwira Menengah TNI terpilih sebagai kader-kader pemimpin TNI pada level strategis di masa mendatang yang bermoral, berwawasan kebangsaan dan profesional dalam bidang kepemimpinan strategis dan manajemen strategis pertahanan negara, dituntut secara akademis untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta mutu lembaga pendidikan, sehingga mampu memberikan kontribusi terbaik kepada TNI, bangsa dan negara. Oleh karena itu Sesko TNI mengambil langkah proaktif dengan mengadakan kerja sama melalui penandatanganan nota kesepahaman bersama (M.O.U.) dengan Universitas Padjadjaran, sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang diberi mandat Pemerintah untuk bisa masuk ke dalam kelompok World Class University”.

Melalui kerjasama tersebut, diharapkan akan tercipta kesamaan perspektif dan kecepatan koordinasi dengan semua pelaksana terkait di lingkungan Universitas Padjadjaran sehingga akan tercipta keterpaduan dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia di masa mendatang, khususnya di bidang pertahanan. Beliau yakin, nota kesepahaman bersama (M.O.U.) ini nantinya akan menjadi payung hukum dalam kegiatan penyelenggaraan bersama secara operasional dan secara konsepsional sebagai bentuk realisasi tanggung jawab kedua instansi dalam upaya pemberdayaan sumber daya manusia. Hal ini tentunya memberikan manfaat bagi kedua pihak serta memiliki nilai strategis yang tinggi yang bermuara pada pencapaian peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia di bidang pertahanan.

Hal tersebut disampaikan Komandan Sesko TNI Letjen TNI Agus Sutomo di Gedung Balai Sawala Rektorat Universitas Padjadjaran (Unpad), saat penandatangan Nota Kesepahaman Bersama (M.O.U.) bidang pendidikan materi pertahanan dengan Rektor Unpad Prof Dr Med Tri Hanggono Achmad, dr. Penandatanganan MOU dilaksanakan setelah komandan Sesko TNI menyampaikan ceramah umum tentang ancaman Proxy War kepada kurang lebih 350 orang mahasiswa Unpad.

Dalam kuliah umumnya, Beliau menyampaikan untuk menuju Indonesia emas pada tahun 2045, dibutuhkan generasi muda yang mampu mengawal Indonesia untuk menghadapi berbagai tantangan yang semakin kompleks, terutama ancaman proxy war yaitu perang melalui berbagai aspek berbangsa dan bernegara. Proxy War merupakan sebuah konfrontasi antara dua kekuatan besar dengan menggunakan pemain pengganti (non state actors) untuk menghindari konfrontasi secara langsung dengan alasan untuk mengurangi resiko konflik langsung yang beresiko kehancuran fatal. Biasanya (non state actors) berupa LSM, Ormas, kelompok masyarakat atau perorangan, sehingga masyarakat tidak menyadari telah masuk dalam suatu peperangan. (pustaka sesko TNI)

Loading...

loading...

Feeds

Habib Rizieq Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com,JAKARTA– Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab minta maaf karena beberapa waktu lalu dirinya membuat kerumunan massa …

Viral Azan Serukan Jihad

POJOKBANDUNG,com, BANDUNG – Aksi sekelompok orang yang mengumandangkan azan pada beberapa tempat viral di media sosial (medsos). Namun, dari panggilan …