Pemprov Jabar Dorong Pembangunan Fiber Optik

ilustrasi

ilustrasi

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus mendorong pembangunan fiber optik di kabupaten/kota. Hal ini penting untuk mendukung pelayanan publik berbasis teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK).

Hingga saat ini, baru Kabupaten Bekasi yang telah membangun jaringan optik di instansi pemerintahannya. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jabar Anton Gustoni mengatakan, selain Bekasi, akan dibangun juga jaringan fiber optik di beberapa kota lain.

Dengan dibangunnya jaringan fiber optik, dia optimistis layanan publik berbasis TIK akan optimal. Sebab, dengan teknologi fiber optik, akses internet bisa lebih besar.

Selain itu, penggunaan fiber optik akan membuat pengelolaan tata kota menjadi lebih baik. Jaringan dibangun di dalam tanah, sehingga berbeda dengan jaringan kabel yang terbilang lebih semrawut.

“Kota akan lebih tertata. Karena (jaringannya) di bawah tanah,” kata Anton di Gedung Sate, Bandung, Senin (7/3).

Dia melanjutkan, pelayanan publik berbasis TIK memiliki arti penting untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas kepada publik. Dengan cara tersebut, pengawasan akan lebih mudah sehingga dapat terhindar dari penyimpangan.

“Kami targetkan seluruh layanan publik kabupaten/kota di Jabar berbasis TIK,” katanya. Bahkan, dia mengklaim, Pemprov Jabar telah menerapkan layanan publik berbasis TIK di seluruh organisasi perangkat daerah melalui e-goverment dan e-budgeting.

Selain itu, terdapat pula Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) online yang merupakan suatu sistem informasi perencanaan mulai tahapan pembuatan dokumen RKPD. “Jabar juga telah sejak lama menghadirkan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), dengan sistem ini maka tender dilakukan secara elektronik,” ujarnya.

Penggunaan TIk juga dilakukan dalam mendukung kegiatan rapat. Sebagai contoh, Ketua P2TP2A Netty Heryawan menggunakan fasilitas teleconference untuk kegiatan rapat mengenai perlindungan anak kepada seluruh OPD. “Kita manfaatkan TIK dengan maskimal untuk membahas isu-isu terkini,” pungkasnya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds

Telkomsel Hadirkan To The POIN Festival

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA–Menjelang perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Telkomsel kembali memberikan program spesial kepada seluruh pelanggan setia dengan menggelar …