Pemkot Cimahi Belum Tahu Wacana Pusat Soal Rasionalisasi PNS

Atty Suharti

Atty Suharti

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI–Pemerintah Kota Cimahi mengaku belum mengetahui wacana pemerintah pusat yang berencana melakukan rasionalisasi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Target rasionalisasi adalah PNS yang pendidikannya SMA, SMP, dan SD.


Dilansir dari JPNN, rasionalisasi mengemuka setelah menganggap kualitas PNS di Indonesia masih banyak yang berada di bawah standar kompetensi. Hal itu dikatakan Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja.

Ia mengatakan 39 persen PNS yang kemampuannya di bawah rata-rata. Karena itu, mereka menjadi target rasionalisasi PNS. Saat ini, jumlah PNS pusat dan daerah mencapai Rp 4,517 juta.

“Target rasionalisasi adalah PNS yang pendidikannya SMA, SMP, dan SD. Selain pendidikannya rendah, kompetensinya juga kurang,” kata Setiawan, Minggu (28/2).

Menanggapi hal itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Cimahi, Hardjono mengaku belum mengetahui wacana tersebut.

“Saya belum mendengar wacana tersebut. Tapi nanti tanggal 10 -11 Maret ini ada Rakor (Rapat Koordinasi) kepegawaian Provinsi,” ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telefon, Senin (7/3).

Hanya saja, ia katakan, jika wacana tersebut diberlakukan, Pemerintah kota Cimahi akan mengikuti kebijakan Pemerintah Pusat.

“Kalau benar, ya kami selaku Pemda (Pemerintah Daerah) ikut saja (kebijakan Pemerintah Pusat),” ujarnya singkat.

Sementara itu, disinggung mengenai jumlah PNS di Kota Cimahi saat ini ia katakan berjumlah 6.500 orang di semua sektor. Ia mengaku jumlah tersebut secara keseluruhan masih kurang untuk mengisi berbagai posisi.

“Masih banyak yang kurang. Tapi tergantung sektornya. Yang kurang itu seperti guru SD dan SMP, dokter juga kurang. Secara keseluruhan kurang,” ungkapnya.

Sementara, di hari yang sama, Walikota Cimahi Atty Suharti menyerahkan SK Pengangkatan PNS, kepada CPNS yang berasal dari formasi honorer Kategori tahun
2014, sejumlah 70 orang dengan rincian Golongan Tiga 34 orang, Golongan Dua 32 Orang, Golongan Satu 4 orang.

Penyerahan SK CPNS berlangsung di lap. Apel Komp. Perkantoran Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Demang Hardjakusumah, Kamis (7/3). Walikota Cimahi mengatakan, peningkatan CPNS menjadi PNS, ini merupakan penghargaan yang diberikan sesuai dengan aturan dan peraturan pemerintah dalam pengadaan pegawai, untuk Atty pun mengajak bersyukur kepada para CPNS atas diangkatnya menjadi PNS ini.

“Rasa syukur dibarengi tanggung jawab yang besar dalam pengabdian pelaksanaan tugas, selain itu harus memilki semangat untuk belajar agar kreativitas dan inovasi bisa dimiliki untuk dijadikan alat pelaksanaan tugas,” ujar Atty.

Sementara, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Cimahi, Hardjono, mengatakan Pengakatan PNS ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2002 Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 98 tahun 2000 tentang Pengadaan PNS dan Peraturan Pemerintah Nomor 9 tahun 2003 tentang Wewenang Pengkatan, Pemindahan dan Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil.

“Yang diangkat sebagian besar guru. Sekarang sisanya honorer sebanyak 149 orang. Untuk pengangkatannya tergantung kebijakan pusat,” pungkasnya. (bbb)

Loading...

loading...

Feeds