Pekan Ini, Jembatan Cipurut Bisa Kembali Dilwati Mobil

Perbaikan jembatan Cipurut Kab Bandung

Perbaikan jembatan Cipurut Kab Bandung

POJOKBANDUNG.com, DAYEUHKOLOT– Dinas Binnamarga Kabupaten Bandung menjanjikan Jembatan Cipurut bisa kembali dilalui kendaran roda empat dalam pekan ini.


Kabid Jalan Dinas Binamarga Kabupaaten Bandung, Zeis Zultaqawa mengatakan, secara umum jembatan Cipurut yang menjadi penghubung Kecamatan Dayeuhkolot dengan Bojongsoang tidak mengalami kerusakan berat.

“Hanya tergerus sedikit oleh air. Kami sedang melakukan perbaikan,” ujar Zeis ketika diwawanncara di Jembatan Cipurut, Senin (7/3).

Namun, untuk sementara jembatan tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda empat selama masa perbaikan.

“Tiga atau empat hari yang bisa lewat hanya roda dua saja. Kalau roda empat belum bisa lewat selama masa perbaikan. Pokoknya, pekan ini sudah bisa kembali normal,” ujarnya.

Dari pantauan, belasan pekerja sedang melakukan perbaikann jembatan. Hanya roda dua yang bisa melalui jembatan tersebut walaupun kerusakan hanya pada bagian pinggir saja. Petugas juga memasang garis baggi kendaraan roda dua yang melewati jembatan untuk keamanan para pekerja.

Di persimpangan baik dari arah Bojongsoang maupun Dayeuhkolot, dipasang penghalang jalan supaya kendaraan roda empat tidak bisa melalui jembatan tersebut.

Menurut Zeis, sebelum rusak akibat tergerus air, sebenarnya Pemkab Bandung hendak melakukan revitalisasi jembatan tersebut.

“Saat ini sedang proses lelang. Mungkin, mulai pengerjaannya Mei nanti. Kita memang akan melakukan revitalisasi,” ungkapnya.

Revitalisasi jembatan Cipurut sendiri, mmerupakan lanjutan dari pembangunan jalan di lokasi tersebut.

“Memang sudah tidak layak, karena antara jembatan dengan sungai sudah terlalu dekat. Sungai mengalami sendimentasi, jadi air selalu meluap ditambah banyak sampah juga. Nanti jembatan ada peninggian,” paparnya.

Lebih jauh Zeis mengatakan, selama proses pembangunan nanti, jalur tersebut kemungkinan besar akan ditutup total, mengingat Pemkab Bandung belum mempunyai bailey (jembatan semmentara).

Semmentara, Kepala Dinas Binamarga Kabupaten Bandung, Agus Nuria mmengatakan, anggaran untuk pembanunan jembatan Cipurut berasal dari APBD 2016.

“Sudah disiapkan Rp 3,5 milliar. Sedang proses lelang, mudah-mmudahan tidak ada kendala,” katanya.

Mengenai besaran anggaran yang disiapkan, itu memang sudah masuk dalam perencanaan. Termasuk peruntukannya bagi penataan kawasan jembatan yang nantinya akan dibangun trotoar. Rencananya, rehabilitasi akan dimulai pada Mei mendatang dengan target pembangunan selama empat bulan. (mld)

Loading...

loading...

Feeds

43 Prajurit TNI Ditukar US Army

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa menerima kunjungan beberapa perwakilan dari tentara Amerika untuk Indonesia. Dalam pertemuan …