Jokowi Serukan OKI Boikot Produk Israel

Sejumlah kepala negara dan kepala delegasi negara-negara OKI berfoto bersama disela KTT Luar Biasa ke-5 OKI. FOTO: Muhammad Tan Reha/Jawapos

Sejumlah kepala negara dan kepala delegasi negara-negara OKI berfoto bersama disela KTT Luar Biasa ke-5 OKI. FOTO: Muhammad Tan Reha/Jawapos

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Tuntas sudah pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa ke-5 Organisasi Kerjasama Islam (OKI). Presiden Joko Widodo secara resmi menutup KTT tersebut dengan menghasilkan deklarasi Jakarta. Poin utamanya adalah menyerukan Boikot terhadap produk Israel yang dihasilkan dari daerah pendudukan.


Jokowi berdiri di podium bersama Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan Sekretaris Jenderal OKI Iyad Ameen Madani menyampaikan sikap OKI sebagai keputusan konferensi dalam dua hari terakhir.

Menurutnya, kedaulatan Palestina merupakan isu penting bagi Indonesia dan negara anggota OKI yang lainnya. Pasalnya, Palestina merupakan satu-satunya negara peserta OKI dan KAA yang belum merdeka.

“Deklarasi kemerdekaan Palestina sudah dilakukan pada 1998. Namun, kenyataannya wilayahnya masih dikuasai oleh Israel. Ketegangan di dalam negeri pun masih ada. Karena itu, pimpinan dunia islam menghasilkan rencana konkrit untuk memerdekakan Palestina,” ujarnya.

Jokowi juga mengingatkan kembali seluruh negara anggota OKI tentang tujuan awal pembentukan organisasi tersebut. “OKI dibentuk karena adanya kebutuhan mendukung perjuangan Palestina,” ujarnya. Karena itu, bisa OKI tidak bisa menjadi bagian dari solusi Palestina, maka keberadaan organisasi itu sudah tidak relevan lagi.

Indonesia, lanjut Jokowi, sejak awal konsisten menentang penjajahan Israel atas Palestina. “Bung Karno menegaskan, selama kemerdekaan bangsa Palestina belum diserahkan kepada orang-orang Palestina, maka selama itulah bangsa Indonesia berdiri menantang penjajahan Israel,” ucap mantan Wali Kota Solo itu.

Loading...

loading...

Feeds

Momen RAFI 2021, Telkomsel Siaga Maksimalkan Jaringan

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel siap memastikan ketersediaan kualitas jaringan dan layanan yang prima demi menghadirkan pengalaman digital untuk #BukaPintuKebaikan bagi masyarakat …

PDRI Siap Kawal Distribusi KIP Kuliah Merdeka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI) akan memantau dan mengawal distribusi penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka …