Gubernur Jawa Barat Apresiasi Percepatan Tol di Jabar

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan saat meninjau salah satu proyek pembangunan jalan tol di Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan saat meninjau salah satu proyek pembangunan jalan tol di Jawa Barat.

POJOKBANDUN.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengapresiasi upaya percepatan pembangunan empat ruas tol di Jabar. Empat proyek tersebut yakni tol Soreang-Pasirkoja (Soroja), Bandung Inter Urban Tol Road (BIUTR), tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), serta tol Cileunyi-Sumedang-Kertajati (Cisumker, sebelumnya Cisumdawu).


Menurutnya, terdapat banyak perkembangan terkait semua rencana pembangunan ini. Ini dikarenakan pergerakan elemen Pemprov Jabar yang dianggapnya cepat.

“Sehingga ada investor yang masuk. Ini berdampak pada pembebasan lahan yang bertambah,” kata Heryawan di Bandung, Minggu (6/3/2016).

Berdasarkan informasi yang diperolehnya, pembebasan lahan tol Bocimi sepanjang 54 kilometer tersebut sudah mencapai 92 persen. Dari totoal kebutuhan 144 hektare, kini pembebasan lahan sudah mencapai 133 hektare.

Selain itu, kata Heryawan, tol Cisumker pun terus dibangun untuk mengiringi pengoperasian Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati pada 2017/2018 mendatang.

“Sementara tol Soreang-Pasirkoja malah sudah groundbreaking tahun lalu. Melihat perkembangan di lapangan, kami optimistis bisa mengejar target bisa digunakan sebelum September 2016 nanti,” katanya.

Lebih lanjut Heryawan katakan, untuk pembangunan BIUTR, saat ini sudah masuk pembahasan rencana pelaksanaan. Gubernur dua periode ini mengaku ingin mempercepat pembangunan tol dalam kota tersebut.
Sebab, hal ini penting untuk mengantisipasi kemacetan yang semakin akrab dengan wilayah Bandung Raya.

Heryawan mengakui, pembangunan infrastruktur ini mengalami penundaan beberapa tahun karena masih belum tuntasnya proses pembebasan lahan.

“Seharusnya sudah terealisasi pada 2011 lalu. Tapi yang pasti, ini merupakan wujud pembangunan infrastruktur di Jabar,” pungkasnya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds

Habib Rizieq Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com,JAKARTA– Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab minta maaf karena beberapa waktu lalu dirinya membuat kerumunan massa …

Libur Natal-Tahun Baru Dipangkas 3 Hari

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA– Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru) akhirnya jadi dipangkas. Pemerintah memutuskan mengurangi jatah libur Nataru selama …