Tanggul Sungai Cipunagara Jebol, 400 Hektare Sawah Terendam Banjir

 


POJOKBANDUNG.com, SUBANG-Hujan yang mengguyur wilayah pegunungan Subang Selatan, dan sejumlah kawasan lainnya di Subang, mengakibatkan tanggul Sungai Cipunagara yang berlokasi di blok Sukamanah, Desa Otasari, Kecamatan Pusakanagara, Subang, jebol dihantam arus air sungai.

Camat Pusakanagara Ella Nurlela, membenarkan penyebab banjir di wilayahnya itu, selain akibat curah hujan tinggi, jebolnya tanggul di Blok Sukamanah salah satu penyebabnya.
Menurutnya,panjang tanggul yang jebol tersebut sekitar 100 meter, dengan kedalaman 2 meter dan lebar 8 meter.

“Selain curah hujan tinggi, tanggul yang terletak di blok Sukamanah juga jebol.Akibatnya selain rumah, sekitar 400 hektare sawah di Desa Rancadaka dan Patimban terendam,” kata Ella Nurlela,Minggu (6/3).

Ela menambahkan, tanggul yang berlokasi di Blok Sukamanah sudah dua kali jebol, pada Februari lalu, tanggul tersebut juga jebol.

“Lokasi tanggul yang jebol ini tepat berada dibelokan sungai.Sudah bisa diprediksi kalau arus sungai besar, tanggul gak mungkin bisa bertahan kalu arus air besar.Sekarang kita sedang membuat penahanan tanggul sementara sehinggaa air tidak masuk sawah,” pungkasnya.

Kepala Sub Divisi III PJT 2, Febri menyatakan, sejauh ini pihaknya sudah melakukan tindakan antisipasi dengan pemantauan debit air Sungai Cipunagara.

“Selanjutnya untuk ke depan agar dilakukan penanganan secara permanen, untuk mengantisipasi dampak yang berimbas pada masyarakat banyak,” kata Febri.

Sementara itu akibat curah hujan tinggi, banjir juga menggenangi sekitar 550 rumah warga di Desa Dukuh Girang, Kecamatan Ciasem, Subang,

“Air ini sebagian besar berasal dari luapan sungai Ciasem,” ujar Asep warga Dusun Dukuh.

“Ketinggian banjir yang terjadi sejak jam 19.00 WIB Jumat kemarin sekitar 30 hingga 60 centimeter.Kondisi itu menyebabkan aktivitas warga di daerah itu disini jadi terhambat, ada juga sekolah yang diliburkan,”, kata Asep. (anr)

Loading...

loading...

Feeds

Indikator Menuju Desa Maju

MAJU desanya, makmur dan sejahtera warganya. Mungkin ini adalah dambaan setiap orang, untuk menciptakan lingkungan yang nyaman. Inilah yang disebut …

Sosok Habib Rizieq di Mata UAS

POJOKBANDUNG.com – Ustadz Abdull Somad (UAS) memberikan pandangannya terhadap sosok Habib Rizieq Shihab. Imam besar Front Pembela Islam (FPI) itu …