Salat Gerhana Bersama Jokowi, Aher Ditawari Jadi Imam

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengaku sempat ditawari untuk menjadi imam Shalat gerhana matahari yang akan berlangsung di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Menurut rencana, Shalat gerhana ini akan dihadiri Presiden Joko Widodo.


Heryawan menerima tawaran jadi imam tersebut dari Gubernur Bangka Belitung. “Waktu di telepon, saya diminta jadi imam,” kata Heryawan di Gedung Sate, Bandung, Jumat (4/3).

Namun, Heryawan enggan mendahului pihak yang lebih berwenang terkait hal tersebut. “Saya bilang jangan tamu lah, kan ada MUI (Majelis Ulama Indonesia),” ucapnya.

Meski batal menjadi imam, Heryawan mengaku dirinya akan tetap pergi ke Bangka Belitung untuk memenuhi undangan tersebut. Selain menyaksikan fenomena gerhana matahari, dirinya pun menyebut akan melihat perkembangan pariwisata di provinsi yang tergolong cukup maju dan telah mendunia kepariwisataannya.

“Melihat pariwisata di sana juga, sekaligus melihat warga asal Jabar yang tinggal di sana,” katanya. Menurut Heryawan, gerhana matahari merupakan bukti kekuasaan Tuhan.

Bagi umat muslim, ini pun disunnahkan untuk melaksanakan Shalat sunnat. Pelaksanaan Shalat ini pun menjadi bukti untuk mengagumi ciptaan Tuhan.

Peluang untuk melaksanakan Shalat sangat terbuka karena momen gerhana ini bertepatan dengan hari libur 9 Maret mendatang. “Atas nama Pemerintah Provinsi Jabar, saya mengajak masyarakat untuk sejenak melaksanakan shalat gerhana sekaligus mengagungkan asma Alloh,” katanya.

Berbeda dengan gerhana bulan, Heryawan menilai, gerhana matahari tergolong fenomena yang jarang terjadi. Terakhir kali dirinya menyaksikan gerhana serupa pada tahun 1983 dan 1988.

“Ini fenomena yang jarang, tiga benda langit membentuk satu garis antara matahari, bulan dan bumi. Dulu, saya (lihat) waktu zaman SMP kelas 3,” pungkasnya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …