Antisipasi Kejahatan Malam Hari, Pemkot Geber Pemasangan PJU di 300 Titik

Ilustrasi pemasangan PJU

Ilustrasi pemasangan PJU

POJOKBANDUNG.COM, CIMAHI –Pemkot Cimahi tahun ini akan melakukan penambahan pemasangan fasilitas Penerangan Jalan Umum (PJU) di sejumlah titik, sebagai antisipasi tindak kejahatan oknum yang memanfaatkan situasi gelapnya jalan di sejumlah wilayah di Kota Cimahi.


“Tahun ini akan ada penambahan pemasangan PJU di berbagai wilayah, sampai ke jalan-jalan di gang di hampir 300 titik,” ujar Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Cimahi, Sri Nurul Handayani.

Meski demikian, pihaknya belum bisa memberikan informasi terkait wilayah mana saja yang akan dipasang PJU.

“Pokoknya kami akan pasang merata, terutama di gang-gang. Sebelum melakukan pemasangan, kami akan sosialisasikan di tiga kecamatan. Nanti kami akan dibantu menentukan lokasinya oleh lurah, mana yang paling rawan,” terangnya.

Pemasangan yang rencananya bisa menghabiskan anggaran mencapai Rp 2 miliar tidak terlepas dari keluhan masyarakat yang resah karena akhir-akhir ini sering terjadi kejahatan, terutama pencurian dengan kekerasan (curas).

Sri mengakui tingkat kerawanan memang sering terjadi di daerah yang gelap. Nurul mencontohkan salah satu keluhan yang kerap diterima adalah karyawan pabrik yang pulang larut khawatir menjadi korban penjambretan.

Untuk itu ia meminta masyarakat aktif melaporkan keluhannya ke website Pesduk (Pesan Penduduk). “Kalau ada keluhan, sampaikan saja ke pesduk. Untuk yang berkaitan dengan PJU, nanti petugas akan ke lapangan,” ucapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, masalah PJU yang terpasang namun tidak berfungsi dikarenakan banyak faktor. “Rusaknya PJU banyak faktor. Selain masalah teknis, ada banyak pencurian kabel, pencurian lampu juga marak terjadi. Contohnya PJU di taman Kartini,” imbuhnya.

Sebelumnya, maraknya tindak pencurian dan kekerasan di wilayah Cimahi tidak terlepas dari minimnya PJU. Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Kapolsek Cimahi, Kompol Arif Rakhman.

Ia mengungkapkan, tindakan pencurian dengan kekerasan kebanyakan di daerah yang minim penerangan seperti di Jalan Kolonel Masturi, dan Jalan Sangkuriang.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan Lurah dan Camat setempat, dan mereka akan mengajukan kepada pemerintah setempat untuk penerangan jalan,” katanya. (bbb)

Loading...

loading...

Feeds

Indikator Menuju Desa Maju

MAJU desanya, makmur dan sejahtera warganya. Mungkin ini adalah dambaan setiap orang, untuk menciptakan lingkungan yang nyaman. Inilah yang disebut …

Sosok Habib Rizieq di Mata UAS

POJOKBANDUNG.com – Ustadz Abdull Somad (UAS) memberikan pandangannya terhadap sosok Habib Rizieq Shihab. Imam besar Front Pembela Islam (FPI) itu …